Manfaat Minum Air Lemon untuk Kandung Kemih

Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

kesehatan

Manfaat Minum Air Lemon untuk Kandung Kemih

Jumat, 22 April 2022 03:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Para ahli kesehatan kerap mengungkapkan manfaat minum air lemon, terutama bagi mereka yang tidak terlalu bersemangat untuk minum air putih, tetapi tetap ingin terhidrasi dengan baik. Itulah mengapa begitu banyak orang minum air lemon sebagai bagian dari rutinitas kesehatan harian mereka, terutama di pagi hari setelah bangun tidur. Air lemon juga dapat membantu Anda merasa lebih terjaga dan mengisi kembali cairan tubuh.

Selain itu, air lemon juga berdampak baik pada kesehatan kandung kemih. Sebelum masuk ke pembahasan khasiat, terlebih dahulu simak penjelasan ahli urologi bahwa air lemon dan limun tidak sama.

“Banyak orang diberitahu bahwa air lemon dan limun adalah pengobatan alami untuk masalah urologi umum seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih (ISK), dan inkontinensia urin, tetapi pada kenyataannya, limun sering membuat kandung kemih iritasi karena gula, pewarna buatan, dan penyedap rasa. Jadi, mereka yang mencoba mendapatkan manfaat air lemon sebaiknya tidak menggunakan limun sebagai pengganti,” kata Shenelle N. Wilson, MD, ahli urologi dan pendiri dan CEO Urology Unbound.

Meskipun demikian, air lemon tentu bukan obat untuk semua infeksi kandung kemih dan tidak dapat mengatasi batu ginjal atau ISK. "Air lemon tidak akan melarutkan batu yang ada, dan juga tidak akan membantu batu keluar lebih mudah ketimbang minum air putih tanpa lemon," kata Dr. Wilson.

Menurut Dr. Wilson, minum air lemon dapat berkhasiat dengan baik jika dibarengi dengan pola hidup sehat yang mendukung kesehatan kandung kemih.

Dr. Wilson mengungkapkan manfaat minum air lemon bisa membantu menangkal perkembangan atau kekambuhan batu ginjal dari waktu ke waktu karena kemampuannya untuk memengaruhi pembentukan kalsium oksalat, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah studi baru-baru ini di jurnal Europe PMC.

“Air lemon dapat meningkatkan sitrat urin dan pH urin, sehingga berpotensi mengurangi risiko pembentukan jenis batu ginjal yang paling umum, kalsium oksalat,” ujarnya.

dr. Houman setuju, dan menambahkan manfaat minum air lemon baik untuk meningkatkan kekebalan dan pencernaan.

“Beberapa pasien yang rentan terhadap batu ginjal sebenarnya disarankan untuk minum jus lemon segar setiap hari, karena dapat membantu mengurangi kemungkinan pembentukan batu ginjal, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan," tegasnya.

"Keasaman lemon juga dapat membantu menambah keasaman di perut Anda, yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia, jadi minum air lemon dapat membantu pencernaan seiring bertambahnya usia," tambahnya.

Apakah Ada Efek Samping Minum Air Lemon?

Terlepas dari sederet manfaat minum air lemon, beberapa orang mungkin mendapatkan reaksi yang merugikan seperti ketidaknyamanan kandung kemih dari asam. Jadi, jika itu masalahnya, yang terbaik adalah hindari minum air lemon dan fokus pada minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mendukung kesehatan dan fungsi kandung kemih yang terbaik.

"Air lemon dapat mengiritasi kandung kemih pada beberapa pasien, menyebabkan sensasi di mana Anda merasa perlu buang air kecil lebih sering dari biasanya. Pasien yang rentan terhadap gejala iritasi kandung kemih, disarankan untuk menghindari makanan sitrat," kata Dr Houman.

Selain itu, jika Anda alami nokturia atau kebutuhan untuk sering buang air kecil di tengah malam, hindari pula minum air lemon. Sebab air lemon salah satu minuman diuretik alami. 

"Saya akan merekomendasikan pasien yang sering buang air kecil di malam hari untuk berhenti meminumnya, serta semua cairan lainnya, setidaknya dua jam sebelum tidur,” kata Dr. Wilson.

Di luar itu, dr. Wilson mengatakan bahwa tidak ada pengaruh negatif pada kandung kemih yang perlu dikhawatirkan terkait air lemon. "Tidak ada kerugian minum air lemon dari sudut pandang urologis," katanya. Jadi, jika Anda menikmatinya karena rasanya dan merasa terbantu untuk menjaga Anda tetap terhidrasi, minumlah secukupnya.

Cara Minum Air Lemon

Anda bisa minum air lemon hangat, coba air mendidih dan masukkan jus lemon dan kulitnya. Atau Anda bisa memeras jus lemon ke dalam segelas air dingin atau teko dan menyimpannya di kulkas agar mudah diminum.

Anda juga bisa menaburkan rempah-rempah antiperadangan seperti cabai rawit, kunyit, potongan buah hingga rempah untuk lebih banyak rasa dan manfaat kesehatan.

Adakah waktu terbaik minum air lemon? Dr. Homan tak menyebutkan spesifik waktunya, tapi ia mengungkapkan kebanyakan orang minum air lemon di pagi hari karena dinilai salah satu langkah sehat untuk memulai hari yang bahagia dan produktif. Ia pun menyetujuinya.

WIBI PUTRI R. | WELL AND GOOD

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari dan Cara Benar Membuatnya