4 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung, Makanan Pedas atau Berlemak

ilustrasi makanan pedas (pixabay.com)

kesehatan

4 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung, Makanan Pedas atau Berlemak

Jumat, 1 Juli 2022 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi penderita asam lambung, ada sejumlah makanan yang wajib dihindari untuk mencegah atau memperparah kondisi. Sebelum sampai ke sana, kita ketahui dahulu refluks asam lambung merupakan kondisi saat asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus. Bukan berarti itu GERD, ya. Sebab GERD adalah refluks asam kronis yang lebih parah. Seperti banyak masalah kesehatan lainnya, asam lambung tidak hanya disebabkan oleh satu hal.

Ahli diet yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Jennifer Maeng mengatakan bahwa asam lambung bisa dipicu kebiasaan merokok, kehamilan, stres, kecemasan, obat-obatan, kelebihan berat badan, hingga sejumlah makanan dan minuman.

Sementara itu, gejala asam lambung biasanya menyebabkan mulas, sensasi terbakar di dada, batuk, tenggorokan tersumbat atau gatal, menurut Poon, pendiri Just Add Water dan pencipta Culinary Alchemy. Jadi, jika alami asam lambung, Poon menyarankan hindari sejumlah makanan berikut:

1. Makanan yang Digoreng dan Berlemak

Meski lezat, Poon mengatakan bahwa makanan yang digoreng dan berlemak dianggap memperburuk penderita asam lambung. Sebab kedua jenis makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga meningkatkan kemungkinan asam lambung naik.

2. Produk yang Sangat Asam

Makanan yang sangat asam dapat membuat perut Anda menghasilkan lebih banyak asam, sehingga dapat meningkatkan asam lambung, kata Poon. Mengingat hal tersebut, jika Anda secara teratur mengalami asam lambung, sebaiknya Anda mengurangi tidak hanya tomat dan buah-buahan yang rasanya asam, tetapi juga pizza dan spageti pomodoro.

3. Bawang-bawangan

Sekali lagi, kita tahu bawang-bawangan lezat, tetapi menurut Poon, bahan masakan ini bisa memicu asam lambung naik. Konon, bawang mentah lebih memicu daripada bawang yang dimasak. Jadi, konsumsilah secara moderat dan diolah seperti dipanggang, ditumis, atau dibuat karamel.

4. Makanan Pedas

Baik itu pepperoni, saus pedas, nachos, paprika, atau wasabi, makanan pedas yang mungkin memuaskan keinginan Anda, tetapi perlu diingat makanan tersebut juga lebih mungkin menyebabkan asam lambung. "Ada beberapa penelitian yang menunjukkan makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam," kata Poon dikutip dari Well and Good, Kamis, 30 Juni 2022. “Sebagian besar pedoman menyarankan untuk menghindarinya jika Anda mengalami gejala asam lambung.”

Selain keempat makanan di atas, perhatikan pola waktu makan untuk mencegah asam lambung. Menurut Poon, semakin lama Anda makan, semakin besar kemungkinan asam lambung naik.

“Makan larut malam dapat menyebabkan refluks asam, karena berbaring secara horizontal sesaat setelah makan dapat menyebabkan aliran balik asam lambung,” jelasnya. 

Poon juga mengimbau batasi konsumsi alkohol jika ingin mencegah asam lambung naik. 

"Ada hubungan yang jelas antara konsumsi alkohol dan terjadinya asam lambung, kemungkinan karena kerusakan kerongkongan oleh alkohol dan produk sampingannya," kata Poon. Karena itu, jika Anda rentan terhadap mulas selama atau setelah malam minum, ada baiknya untuk menguranginya.

Baca juga: Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

WELL AND GOOD