Lebih Sehat Mana, Teh Hijau atau Teh Hitam?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minum teh. Shutterstock.com

Ilustrasi minum teh. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Dari beragam jenis teh yang beredar di masyarakat, teh hijau dan teh hitam termasuk yang populer. Lantas, muncul pertanyaan mana yang lebih sehat?

Kedua jenis teh tersebut sama-sama terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Teh hitam dan teh hijau mengandung senyawa kuat yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Keduanya membantu menjaga sistem kekebalan, membantu menurunkan berat badan hingga membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Meski sama-sama bermanfaat untuk tubuh, kedua jenis teh tersebut punya beberapa perbedaan seperti berikut. Yuk, kita tilik bersama. 

Teh hijau

Dalam hal produksi, daun teh hijau tidak teroksidasi dan dipanen dari tanaman teh dan dipanaskan untuk mencegah oksidasi.

Dalam hal jumlah kafein, teh hijau mengandung 1/4 jumlah kafein yang ada dalam kopi, yang menjadikannya alternatif yang lebih sehat.

Baca juga: 

Selain sebelum Berolahraga, Ini Waktu Terbaik Minum Teh Hijau

Ini juga membantu menurunkan berat badan. Kafein dan katekin yang ada dalam teh hijau meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lemak dengan cepat dan efisien.

Untuk menyeduh teh hijau dengan sempurna, ambil 220 ml air dan suhu menjadi 100 derajat celcius. Tambahkan 2 gram daun teh hijau. Biarkan diseduh selama 2-3 menit dan saring.

Teh hitam

Teh hitam diproduksi dengan menggulung daun dan memaparkannya ke udara untuk memulai proses oksidasi. Daun teh hitam dipanen dan dikeringkan untuk mengurangi kadar air.

Teh hitam memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau. Yaitu mengandung 1/3 jumlah kafein yang ada dalam kopi.

Mengingat mengandung banyak kafein, teh hitam efektif dalam meningkatkan aliran darah dan meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Untuk menyeduh teh hitam, ambil 220 ml air dan didihkan pada suhu 100 derajat celcius. Tambahkan 2 gram daun teh hitam dan biarkan diseduh selama 3-4 menit. Saring daunnya dan sajikan.

Dengan pemaparan di atas, daun teh hijau yang tidak teroksidasi, berarti memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan teh hitam. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa teh hijau lebih sehat daripada teh hitam. Tapi ingat selalu, konsumsi teh secukupnya, 2 cangkir sehari, agar optimal merasakan manfaatnya.

Baca juga:

Minum Teh Hitam Tingkatkan Kesehatan Usus dan 7 Khasiat Lainnya

PINK VILLA | PEXELS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."