Kenal Lebih Dekat Nasida Ria, Grup Kasidah Asal Semarang yang Manggung di Jerman

Grup kasidah Nasida Ria. instagram.com/nasidariasemarang

profil

Kenal Lebih Dekat Nasida Ria, Grup Kasidah Asal Semarang yang Manggung di Jerman

Selasa, 21 Juni 2022 11:45 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Grup kasidah asal Semarang, Nasida Ria, sukses manggung di Kassel, Jerman, pada Sabtu, 18 Juni 2022. Nasida Ria menghibur masyarakat Jerman dalam ajang Opening Week Music Peogram Documenta Fifteen. Sejumlah lagu yang dibawakannya yakni Perdamaian, Kota Santri, Dunia dalam Berita, dan Bila Bom Nuklir Diledakkan. 

Dalam unggahan di Instagram resminya, Nasida Ria menggunakan baju paduan warna hitam dan kuning. Para penonton pun bersorak untuk Nasida Ria saat grup tersebut tampil di atas panggung. "Hai guys, finally Nasida Ria bisa perform di acara yang hanya ada selama 5 tahun sekali di Jerman yaitu Documenta Fifteen!" tulis akun @nasidariasemarang pada Senin, 20 Juni 2022. Unggahan itu pun langsung dibanjiri komentar dari ribuan netizen Indonesia.

 "Kereen," tulis seorang netizen. "mantaaap nasida is the best," tulis yang lain. "Go International," komentar netizen lain. Penampilan mereka di Jerman ini pun bukanlah yang pertama kali. Ternyata, Nasida Ria sudah tiga kali pergi ke Jerman untuk tampil menghibur penggemar. 

Nasida Ria sendiri merupakan grup kasidah legendaris asal Semarang yang memiliki 11 personel dari berbagai generasi. Mereka adalah Rien Djamain (bass gitar), Afuwah (kendang), Nadhiroh (biola), Nurhayati (biola ), Sofiatun (keyboard), Hamidah (seruling), Nurjanah (gitar), Uswatun Hasanah (gitar), Titik Mukaromah (gitar), Siti Romnah (piano), dan Thowiyah (kendang). Grup ini dibentuk pada 1975 dan sempat berada di puncak kesuksesan hingga lagu milik mereka, Perdamaian, diaransemen dan dibawakan ulang oleh band Gigi.

Nasida Ria Semarang tampil di Jerman.

Ini bukan kali pertama mereka tampil di luar negeri. Pada tahun 1998, Nasida Ria mengadakan konser di Malaysia untuk merayakan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram. Mereka pernah diundang ke Berlin, Jerman untuk bermain di Die Garten des Islam (Pameran Budaya Islam) oleh Haus der Kulturen der Welt. Baca Juga : Perang Rusia Ukraina, Lagu Perdamaian Qasidah Nasida Ria Ramai Diputar Mereka juga  pernah tampil di Festival Heimatklange, dengan acara di Berlin, Mülheim, dan Düsseldorf Jerman. 

Nasida Ria adalah sebuah band kasidah modern Indonesia yang terdiri dari 9 wanita dari Semarang, Jawa Tengah yang dibentuk tahun 1975. Nasida Ria kini memiliki 12 personil yaitu Hj. Rien Djamain, Hj. Afuwah, Hj. Hamidah, Hj. Nadhiroh, Hj. Nurhayati, Hj. Nurjanah, Hj. Thowiyah, Sofiyatun, Uswatun Khasanah, Titik Mukaromah, Nazla Zain & Alfiatul Khoiriyah. Selain itu Nasida Ria juga memiliki grup untuk juniornya yang bernama Qasidah ezzurA. 

Album debut Nasida Ria, Alabaladil Makabul, dibuat tiga tahun kemudian dan dipasarkan oleh Ira Puspita Records. Lagu mereka berdasarkan dakwah dan menarik ilham dari musik Arab. Tiga album mereka berikutnya menggunakan tema yang sama dan banyak berbahas Arab. Beberapa lagu mereka seperti "Pengantin Baru", "Tahun 2000", "Jilbab Putih", "Anakku", dan "Kota Santri", banyak diputar di radio, dan mereka mulai muncul di telivisi nasional dan melakukan tur di seluruh Indonesia. 

Nasida Ria telah menang beberapa penghargaan, termasuk dari PWI pada tahun 1989. Lagu mereka "Perdamaian", pernah dicover oleh band Gigi pada album mereka: Raihlah Kemenangan. "Kota Santri" pernah dicover oleh Krisdayanti dan Anang Hermansyah.