Melly Goeslaw Cerita Awal Merintis Karier di Musik, Ada Peran Ibunda

Melly Goeslaw. Foto: Instagram/@melly_goeslaw

profil

Melly Goeslaw Cerita Awal Merintis Karier di Musik, Ada Peran Ibunda

Senin, 20 Juni 2022 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan penulis lagu, Melly Goeslaw mengisahkan awal terjun ke dunia musik. Ibundanya, Ersi Sukaesih, berperan besar dalam kariernya di dunia tarik suara sebagai pintu masuk ke industri. 

"Jadi, kehadiran gue sebagai penyanyi adalah wujud dendam nyokap (ibu)," jelasnya di podcast Daniel Tetangga Kamu yang diunggah di kanal Youtube Daniel Mananta Network, Senin, 20 Juni 2022.

"Jadi, dia berusaha 'gue akan besarkan anak gue menjadi seorang penyanyi tanpa bantuan lo' gitu mungkin, ya. Di dalam kepalanya," tambahnya.

Dendam yang dimaksud Melly adalah ibundanya ingin membuktikan bahwa ia bisa mengembangkan bakat bernyanyinya tanpa bantuan mantan suaminya yang notabene ayah Melly, mendiang Melky Goeslaw yang wafat pada Desember 2006.

Kedua orang tua Melly resmi bercerai saat Melly dilahirkan 48 tahun silam. "Nyokap sama bokap (ayah) bercerai itu ketika gue dilahirkan. Bener-bener ketika gue dilahirkan. Proses perceraiannya itu ketika gue dalam kandungan," ungkapnya.

Dari lahir hingga Sekolah Dasar (SD), Melly mengenal ayahnya adalah suami kedua ibundanya. Baru di usia Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia diberitahu ayah kandungnya adalah Melky Goeslaw.

"Lama-lama setelah SMP baru dikasih tahu, kalau papanya sebenarnya ini, Papa Melky," ujar istri Anto Hoed itu.

Kembali ke awal karier Melly di musik, ia mengaku sempat merasa dipaksa saat bernyanyi ataupun mengikuti kompetisi. Perlahan tapi pasti, ia menyadari bahwa ia dianugerahi bakat dalam bermusik dan akhirnya mengubah tekanan itu menjadi kenyamanan. Baginya, musik menjadi media yang mewadahi perasaan dan imajinasinya sebagai pribadi introvert. Sebab ia tidak suka mengobrol.

Dengan kehidupan masa kecilnya, Melly mengaku pribadi yang tertutup atau introvert. Ia lebih memilih menulis surat untuk mengungkapkan perasaannya kepada ibunda atau temannya. Menurutnya, itulah cikal bakal kemampuannya menulis lagu.

"Gue tertutup, waktu itu gue di kamar terus, cenderung pemalu. Jadi, itu yang membuat gue jadi penulis lagu," imbuhnya.

Selain gemar menulis, Melly remaja juga suka bersenandung dan merekam suarnaya di walkman. Aktivitas tersebut juga turut mengasah kemampuannya dalam bermusik, kenangnya.

Melly Goeslaw diketahui telah lebih dari tiga dekade berkarier di dunia musik Indonesia. Ia diketahui pernah bergabung dengan Elfa Seciora saat masih SMA, kemudian menjadi penyanyi latar. Setelah menikah dengan Anto Hoed, Melly membentuk grup Potret dan ia sebagai vokalis.

Di awal 2000-an, Melly dipercaya membuat lagu tema atau soundtrack untuk film. Lagu tema pertamanya berjudul Ada Apa dengan Cinta untuk judul film yang sama dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Lagu tersebut hanya sukses di Indonesia, tetapi juga terkenal di negara Malaysia.

Sejak saat itu, Melly ditunjuk untuk membuat lagu tema untuk sejumlah judul film dan sinetron seperti Heart, Ketika Cinta Bertasbih, Heart 2 Heart, Love Story, Habibie & Ainun, Pernikahan Dini, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, hingga saat ini, ia dikenal sebagai ratu soundtrack.

Seperti impian penyanyi pada umumnya, Melly Goeslaw telah mewujudkan mimpinya menyelenggarakan konser tunggal pada 2009. Hingga saat ini, ia juga aktif menulis lagu untuk penyanyi senior seperti Rossa ataupun pendatang baru, Zia yang baru saja merilis single pertamanya berjudul Mantan Temanku.  

Baca juga: Geram Fotonya di Iklan Produk Pelangsing, Melly Goeslaw: Suka Banget Sama Gue