Lukisan Terakhir untuk Eril, Camillia Laetitia Azzahra: Kakak Terbaik di Dunia

Putra pertama dari Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril. Sumber: Instagram Emmerilkahn

ragam

Lukisan Terakhir untuk Eril, Camillia Laetitia Azzahra: Kakak Terbaik di Dunia

Kamis, 16 Juni 2022 09:04 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaEmmeril Kahn Mumtadz, atau Eril yang merupakan putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah dimakamkan pada Senin, 13 Juni kemarin di Cimaung, Kabupaten Bandung. Pihak keluarga mengizinkan masyarakat untuk mengunjungi makan Eril sampai hari Minggu, 19 Juni 2022.

Namun, ada kisah-kisah di balik pemakaman Eril yang membuat warganet tersentuh dan mengharukan Selama prosesi pemakaman, terlihat sang adik, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, terus memegangi lukisan bergambar Eril. Lukisan yang dipegang erat Zara selama proses pemakaman itu ternyata dibuat secara khusus olehnya untuk mengenang sang kakak.

Hal ini diketahui oleh akun TikTok @sorryoutoforder, yang terntara merupakan akun milik Zara. Dalam salah satu video, si pemilik mengabadikan proses pembuatan lukisan tersebut, yang ia dedikasikan untuk kakak tercintanya.

"Terima kasih telah menjadi kakak terbaik di seluruh dunia, karena telah menjadi sahabatku yang mendengarkan dan bercanda, dan telah menjadi mentorku dalam hidup. Aku mencintaimu selalu, semoga kamu beristirahat dalam cinta A Eril dengan tulus. Lukisan ini berdasarkan foto yang saya ambil dari saudara laki-laki saya di toko suvenir di dekat pegunungan 'toblerone' di mana dia tersenyum dengan bebas, saya mencoba yang terbaik untuk melukisnya dengan gaya van gogh," tulisnya di keterangan TikTok. 

Sementara itu di laman video reels yang dibagikan Atalia Praratya terdapat foto peti jenazah Eril yang dipeluk hingga Zara tertidur.  "Ya Allah…Hati ibu mana yang kuat melihat anak gadisnya merindukan kakaknya." 

Atalia membagikan ulang foto sang putri Zara. 

Satu pelukan terakhirMenjadi saudara perempuanmu adalah anugerah terindah yang Allah berikan untukkuTerima kasih saudarakuterimakasih teman baikkuterima kasih pasangankuterima kasih mentorkuterima kasih erilsemoga kamu beristirahat dalam cinta dan sampai jumpa lagi

Sebagai informasi, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan pada Rabu pagi, 8 Juni 2022 di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. Ridwan Kamil yang memandikan jenazah Eril bersaksi bahwa putranya ditemukan dalam kondisi utuh dan wangi daun eucalyptus. Ridwan Kamil menjelaskan secara ilmiah alasan jasad Eril utuh meski baru ditemukan 14 hari setelah hilang terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022.

"Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hati," tulis Ridwan Kamil di Instagram Story pada Jumat, 10 Juni 2022.

Baca: Ridwan Kamil Kisahkan 14 Hari Terakhir yang Panjang untuknya Usai Makamkan Eril