Kulit Bersisik dan Gatal, Cegah dengan Kurangi Stres dan Pakai Busana Katun

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif bukan hal yang mudah. Penggunaan produk skincare dengan bahan tertentu justru bisa menambah masalah pada kulit. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

kecantikan

Kulit Bersisik dan Gatal, Cegah dengan Kurangi Stres dan Pakai Busana Katun

Minggu, 12 Juni 2022 21:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak penyebab kulit bersisik gatal. Antara lain bisa jadi akibat dari kondisi kulit, seperti eksim, herpes zoster, gatal-gatal, atau psoriasis, atau bisa juga merupakan tanda penyakit menular, seperti kudis atau kurap.

Untuk membantu menenangkan kulit yang gatal, dokter kulit merekomendasikan tips berikut:

1. Kompres dengan kain dingin

Oleskan kain dingin, basah atau kompres es ke kulit yang gatal. Lakukan ini selama sekitar lima sampai 10 menit atau sampai gatal mereda.

2. Mandi oatmeal

Cara ini bisa sangat menenangkan, terutama untuk kulit yang melepuh atau mengeluarkan cairan karena cacar air, gatal-gatal, poison ivy atau terbakar sinar matahari.

3. Selektif pilih pelembab

Melembabkan kulit Anda. Selalu pilih pelembab yang bebas dari aditif, wewangian dan parfum.

4. Oleskan anestesi topikal yang mengandung pramoxine

Oleskan bahan pendingin, seperti mentol atau kalamin. Anda juga bisa menempatkan pelembab Anda di lemari es untuk membantu mencapai efek pendinginan ini.

Saat merawat kulit Anda, hindari menggaruk, karena ini akan semakin mengiritasi kulit Anda dan dapat meningkatkan risiko infeksi kulit. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengambil langkah-langkah untuk membantu mencegah kulit Anda dari gatal.

Untuk membantu mencegah kulit gatal dan bersisik dokter kulit merekomendasikan tips berikut:

1. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat – bukan air panas. Cobalah untuk membatasi mandi atau mandi Anda hanya 10 menit.

2. Gunakan perawatan bebas pewangi

Selalu gunakan losion, sabun, dan deterjen “bebas pewangi” untuk meminimalkan iritasi. Berhati-hatilah dengan produk berlabel "tanpa pewangi", karena mungkin masih mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit Anda.

3. Gunakan pelembab

Seperti yang diarahkan oleh dokter kulit Anda, oleskan obat sebelum melembabkan. Kemudian, oleskan pelembab Anda ke semua area kulit Anda, termasuk area yang dirawat dengan obat-obatan.

4. Pilih pakaian katun

Kenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun. Wol dan kain kasar lainnya dapat mengiritasi kulit Anda, menyebabkan rasa gatal yang hebat.

5. Hindari perubahan suhu yang ekstrim

Pertahankan lingkungan kelembaban netral yang relatif sejuk di rumah Anda. Gunakan pelembab udara selama musim dingin jika Anda rentan terhadap kulit kering dan eksim.

6. Kurangi stres

Kurangi stres, karena dapat memperburuk kondisi kulit. Jika gatal Anda tidak hilang dengan perawatan di rumah, temui dokter kulit bersertifikat. Beberapa orang memiliki lebih dari satu alasan untuk menggaruk, dan dokter kulit dapat bekerja sama dengan Anda untuk menemukan penyebabnya dan meredakan gatal Anda.

Baca: Awas, Kulit Bersisik Menandakan 3 Penyakit Ini

AAD