Manfaat Jahe untuk Kulit dan Rambut

Ilustrasi jahe. Freepik.com

kecantikan

Manfaat Jahe untuk Kulit dan Rambut

Senin, 6 Juni 2022 22:08 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh sudah familiar di telinga kita. Mulai dari obat alami atasi demam dan panas dalam, juga berkhasiat redakan mual, nyeri menstruasi, nyeri otot, radang sendi, hingga gangguan pencernaan. Tak sampai di situ saja, rempah-rempah dengan nama ilmiah Zingiber officinale itu juga bermanfaat untuk kecantikan, seperti kulit dan rambut.

5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan

1. Mengurangi kerutan dan garis halus

Jahe merupakan obat alami untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Jahe juga mencegah kerusakan elastin, yang merupakan salah satu penyebab utama kerutan dan garis halus.

Jahe segar juga membantu meningkatkan penampilan kulit dengan menghilangkan racun berbahaya dan merangsang sirkulasi darah, memastikan bahwa kulit menerima lebih banyak nutrisi.

2. Membuat kulit bercahaya

Makanan super ini mengandung gingerol antioksidan, yang dapat melawan stres oksidatif dan memberi Anda warna kulit yang lebih merata dan bercahaya. Irisan akar jahe yang dioleskan ke wajah Anda, dapat membuat Anda bercahaya yang menyegarkan.

Jahe juga bekerja untuk mengencangkan kulit, melawan noda, dan membuat kulit Anda lebih bercahaya.

3. Memudarkan bekas luka

Jahe memiliki sifat antioksidan serta efek mengencangkan, memungkinkannya untuk menormalkan bekas luka hipopigmentasi (yang warnanya lebih terang daripada warna kulit alami Anda). Sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi kemerahan dan jaringan parut pada jerawat.

Jahe juga merupakan bahan alami yang melembutkan kulit sekaligus meningkatkan elastisitasnya.

4. Mengatasi ketombe

Ketombe juga bisa diobati dengan jahe. Sifat antiseptiknya membantu mencegah ragi dan bakteri alami, yang menyebabkan ketombe. Memakai minyak jahe dua kali seminggu ke kulit kepala Anda dan memijatnya dapat membantu Anda menghindari ketombe.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jahe meningkatkan aliran darah ke kulit kepala yang berkontribusi membuat rambut Anda halus dan berkilau. Jahe merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut serta folikel sebagai hasilnya. Selain itu, asam lemak, vitamin, dan mineral yang ada  dalam jahe dapat membantu memperkuat helai rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Baca juga: Tips Menyimpan Jahe yang Benar, Pastikan dalam Kondisi Kering

BISNIS | PINK VILLA