Peringati Hari Sepeda Sedunia, Simak 4 Tips Keselamatan Bersepeda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Kegiatan Bersepeda/Brompton

Ilustrasi Kegiatan Bersepeda/Brompton

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaHari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati pada 3 Juni. Pada peringatan tahun ini, Brompton mengajak masyarakat Indonesia lebih bahagia menggunakan sepeda. Tidak saja sebagai opsi alat bertransportasi, namun juga alat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Hal ini sejalan dengan United Nation Development Goals yang menjadikan World Bicycle Day sebagai perayaan untuk mempromosikan penggunaan sepeda untuk transportasi berkelanjutan, gaya hidup sehat dan berdampak positif bagi lingkungan.

Country Manager Brompton Bicycle Indonesia Kevin Wijaya mengatakan peringatan Hari Sepeda Sedunia, sebaiknya tidak saja sebagai aksi ekspresi kegembiraan bersepeda dalam satu hari saja. “Momentum yang dirayakan serentak di seluruh dunia ini sekaligus menjadi momen yang tepat mengingatkan bahwa bersepeda membuat sehat baik fisik maupun mental, membuat bahagia, dan alat transportasi berkelanjutan yang baik bagi lingkungan," katanya dalam keterangan pers pada 3 Juni 2022.

Menurut Kevin, tujuan itu mirip dengan visi Brompton, yaitu 'Create Urban Freedom for Happier Lives' yang artinya Brompton ingin memberikan opsi kebebasan bagi masyarakat urban agar hidup lebih bahagia dengan beraktivitas menggunakan Brompton.

Kevin menambahkan bahwa pengendara sepeda perlu diberikan support system dan juga aksi kolaborasi dari berbagai pihak seperti komunitas, pelaku industri dan pemerintah agar bersepeda menjadi sebuah kegiatan keseharian rutin masyarakat yang aman, nyaman dan menyenangkan. Salah satu dorongan yang terus digaungkan Brompton adalah kampanye #KotaBrompton yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih bahagia.

Ilustrasi Kegiatan Bersepeda/Brompton

Sepeda lipat Brompton diciptakan sebagai opsi yang menunjang berbagai aktivitas masyarakat urban agar lebih efisien dan sehat. Brompton diciptakan sebagai commuter bike, utility bike, fun bike dan travel bike. Reliable, durable dan foldable. Saat kita lebih mudah beraktivitas dan lebih produktif, kita pun jadi lebih bahagia. Saat bahagia, orang di sekitar pun menjadi bahagia.

Edukasi Keselamatan Bersepeda untuk Bantu Dorong Nyaman Bersepeda

Masih dalam perayaan Hari Bersepeda Sedunia, Kevin mendorong semakin banyak orang untuk terus mengedukasi pentingnya keamanan saat bersepeda kepada masyarakat. Selain itu, edukasi keselamatan bersepeda pun sebagai wujud kolaborasi dalam mendukung upaya Kementerian Perhubungan yang sebelumnya menggalakkan Pekan Keselamatan Jalan Nasional pada tahun 2021 lalu.

Beberapa tips keselamatan bersepeda diantaranya adalah:

1. Cek Kondisi Sepeda

Tips keselamatan bersepeda adalah memperhatikan kondisi sepeda. Mulailah bangun kebiasaan secara rutin untuk mengecek kondisi sepeda sebelum bersepeda. Perhatikan semua bagian seperti rem, rantai, jok sepeda, stang, dan ban terisi angin yang memadai. Melakukan pengecekan kondisi sepeda secara berkala pun dapat membuat pengendara lebih aman dan nyaman, serta sepeda menjadi lebih awet.

2. Pakai Helm Sepeda

Tips kelesamatan bersepeda selanjutnya adalah selalu mengenakan helm. Menggunakan helm merupakan salah satu bentuk menjaga keselamatan pengendara yang dapat mencegah cedera kepala serius dalam kecelakaan. Pengendara juga bisa menambah pelindung diri lainnya seperti pelindung lutut, kacamata hitam dan masker.

3. Rentangkan Tangan Saat Ingin Belok

Gunakan tangan Anda sebagai tanda lampu sein. Untuk keselamatan sesama pengguna jalan, rentangkan tangan Anda sebelum sebagai tanda pengganti lampu sein. Beri tanda ini beberapa meter, sebelum Anda berbelok.

4. Bersepeda di Sisi Jalan

Tips keselamatan bersepeda terakhir adalah bersepedalah di sisi jalan yang benar. Setiap pengendara diwajibkan untuk tertib dalam mengikuti peraturan lalu lintas agar tidak membahayakan pengendara kendaraan lain. Gunakan jalur sepeda yang tepat disediakan. Jika tidak ada jalur sepeda, gunakan jalur yang tidak berlawanan arah dengan pengendara kendaraan lain untuk menghindari tabrakan dari pengendara transportasi lain yang datang dari arah berlawanan. Dan bersepedalah di sisi tepi jalan, bukan di tengah jalan.

“Bagikan momen kamu saat mengendarai sepeda Brompton, gunakan tagar #WorldBicycleDay2022 dan #KotaBrompton serta mention ke akun instagram @bromptonbicycleIndonesia, dan ajak teman dan keluarga untuk melakukan hal yang serupa," kata Kevin.


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."