Sinopsis Ngeri-ngeri Sedap, Film Drama Keluarga Suku Batak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Poster film Ngeri-ngeri Sedap. Foto: Imajinari.

Poster film Ngeri-ngeri Sedap. Foto: Imajinari.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lewat film Ngeri-ngeri Sedap, sutradara Bene Dion Rajagukguk memberikan gambaran yang nyata tentang dinamika keluarga jika berkaitan dengan adat istiadat. Populer sebagai pelawak tunggal dan sutradara untuk Ghost Writer hingga Cek Toko Sebelah: The Series, Bene kali ini menghadirkan warna baru dalam filmnya yang jauh dari kata komedi.

Ngeri-ngeri Sedap merupakan film drama keluarga dengan latar belakang suku Batak, menyampaikan keresahan anak-anak rantau yang terikat dengan adat dan budaya.

Ngeri-ngeri Sedap bercerita tentang Pak Domu (Arswendy Bening Swara) dan Mak Domu (Tika Panggabean) yang tinggal bersama anak perempuannya, Sarma (Gita Bhebhita) di Sumatra Utara. Mak Domu ingin sekali tiga anak laki-lakinya yang merantau yakni Domu (Boris Bokir), Gabe (Lolox) dan Sahat (Indra Jegel) bisa pulang kampung untuk menghadiri acara adat.

Domu bekerja sebagai pegawai BUMN di Bandung dan memiliki pacar berdarah Sunda. Gabe, meninggalkan gelar sarjana hukumnya dan menjadi komedian terkenal di Jakarta. Sedangkan Sahat, merawat seorang pria tua di Yogyakarta yang ditemuinya saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN).

Tika Panggabean dan Gita Bhebhita dalam film Ngeri-ngeri Sedap. Foto: Instagram Ngeri-ngeri Sedap Movie

Ketiganya selalu menolak pulang lantaran hubungan mereka tidak harmonis dengan Pak Domu. Bagi Domu, Gabe dan Sahat, ayahnya adalah sosok keras kepala, kolot dan tidak bisa menerima perbedaan pendapat.

Untuk membawa anak-anaknya kembali, Pak Domu dan Mak Domu akhirnya pura-pura bertengkar dan berencana cerai agar dapat perhatian. Usaha tersebut pun berhasil, namun masalah tidak selesai begitu saja dan semakin membuat keluarga ini terpecah.

Minim komedi

Saat melihat deretan pemain yang terlibat, penonton mungkin akan berpikir bahwa Ngeri-ngeri Sedap adalah film komedi berbalut drama. Wajar saja, sebab Bene memang membawa rekan-rekannya sesama pelawak tunggal untuk mengisi tokoh-tokoh yang diciptakan.

Namun buang jauh-jauh harapan tersebut. Film ini murni drama keluarga, unsur komedi hanya digunakan sebagai pengantar saja agar penonton bisa ikut terbawa dengan alur cerita yang sengaja dibangun dengan begitu halus untuk memasuki permasalahan yang semakin serius.

Bene secara apik menggiring penonton mencapai titik emosi tertingginya dan menangis bersama dengan Domu, Gabe, Sahat, Mak Domu serta Sarma.

Ngeri-ngeri Sedap tayang perdana di bioskop pada Kamis, 2 Juni 2022. Semoga menonton film ini bisa mewarnai akhir pekan sahabat Cantika.

Baca juga: Film KKN di Desa Penari Sukses di Pasaran, Pakar Marketing Ungkap 3 Faktornya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."