10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Tubuh

Buah Matoa. shutterstock.com

kesehatan

10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 24 Mei 2022 17:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah matoa merupakan buah eksotik dari tanah Papua. Matoa memiliki nama ilmiah pometia pinnata dari famili Sapindaceae, sehingga berkerabat dekat dengan leci dan maple. Rasa buah matoa seperti campuran buah rambutan, leci dan lengkeng, dengan tekstur juicy dan sangat manis. Bagaimana dengan manfaat buah matoa?

Meskipun popularitas buah matoa semakin meningkat akhir-akhir ini, studi intensif untuk mempelajari nilai gizi buah matoa sangat diperlukan. Namun, secara ringkas buah matoa cukup kaya akan vitamin C dan vitamin E yang merupakan sumber antioksidan kuat bagi kesehatan manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat buah matoa berikut 10 di antaranya dikutip dari drhealtbenefits.

10 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan Tubuh

1. Sumber Antioksidan 

Seperti disebutkan di atas, buah matoa cukup kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kombinasi kedua vitamin tersebut akan memberikan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas secara efektif.

2. Peningkat Kekebalan Alami

Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua buah yang kaya vitamin C adalah penambah kekebalan yang sangat baik dan tidak terkecuali buah matoa.

3. Melawan Infeksi Virus

Infeksi virus tidak akan berakibat fatal tetapi memeranginya bukanlah kasus yang mudah sama sekali. Hal terbaik untuk melawan infeksi ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan Anda dalam keadaan baik dan mengkonsumsi matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan adalah perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

4. Kurangi Stres

Buah matoa adalah camilan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin E yang sangat penting untuk menghilangkan stres. Setiap kali Anda merasa stres, terkadang nafsu makan Anda juga meningkat, ngemil dengan buah matoa tidak akan menyebabkan penambahan berat badan tetapi justru akan menghilangkan stres Anda secara efektif.

Buah Matoa. shutterstock.com

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh erat kaitannya dengan stamina Anda dan senyawa gula yang terdapat dalam buah matoa adalah penambah energi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

6. Membantu Kesuburan

Jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan, mungkin memasukkan buah matoa ke dalam makanan sehari-hari Anda bisa menjadi solusi alami yang Anda cari untuk meningkatkan kesuburan. Lebih jauh lagi, buah jenis ini cukup aman untuk dikonsumsi baik oleh pria maupun wanita.

7. Mencegah Perkembangan Kanker

Kanker terjadi ketika radikal bebas bebas masuk ke tubuh Anda. Antioksidan adalah solusi nyata untuk radikal bebas karena mereka akan melawannya dan mencegah perkembangan sel kanker. Karena kaya akan vitamin C dan vitamin E, buah matoa merupakan sumber antioksidan kuat yang sangat baik.

8. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Vitamin E juga bagus untuk jantung karena menjaga kesehatan sel-sel jantung dan mencegah degenerasi sel dan meningkatkan kesehatan arteri dan vena. Vitamin C akan membantu dalam meningkatkan aliran darah.

9. Solusi Kulit Sehat

Pasti Anda sudah tahu bahwa vitamin E sangat bagus untuk kulit. Sedangkan vitamin C berperan dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Antioksidan akan mendorong regenerasi sel kulit yang optimal untuk membuat Anda terlihat lebih muda sedikit lebih lama.

10. Atasi Disentri

Meskipun penelitian lebih lanjut tentang buah matoa dapat menyembuhkan disentri masih diperlukan oleh penduduk setempat, buah matoa telah digunakan sebagai obat rumahan untuk menyembuhkan penyakit ini selama bertahun-tahun.

Bila Anda ingin mengonsumsi buah matoa, hati-hati dengan reaksi alergi karena ini bukan jenis buah yang biasa Anda temukan di pasaran. Jika Anda alergi buah leci atau lengkeng, mungkin sebaiknya menghindari buah ini adalah langkah bijak.

Baca juga: 4 Manfaat Blewah untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Mata dan Perkuat Imunitas