ASI Tidak Cukup, Olivia Munn Resah jika Kekurangan Susu Formula untuk Bayinya

Olivia Munn. Dok. Istimewa

kesehatan

ASI Tidak Cukup, Olivia Munn Resah jika Kekurangan Susu Formula untuk Bayinya

Senin, 23 Mei 2022 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Seperti orang tua kebanyakan, Olivia Munn merasa khawatir karena kekurangan susu formula. Pada hari Rabu, 18 Mei 2022, ibu baru itu membuka tentang pengalamannya di tengah isu nasional, ia bercerita bahwa dia "panik" ketika dia "tergantung pada susu formula" untuk memberi makan putranya yang berusia 5 bulan Malcolm Hip, buah cinta dengan John Mulaney.

"Ini sangat gila ketika orang mengatakan 'jika Anda menyusui Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan susu formula!' Saya memiliki persediaan ASI yang tidak mencukupi, jadi untuk memberi asupan bayi saya, saya bergantung pada susu formula," tulis Munn di Twitter.

"Saya berharap saya bisa menyusui sehingga saya tidak panik tentang kekurangan saat ini. Tapi saya tidak punya pilihan," tambahnya.

Kekurangan susu formula bayi nasional semakin memburuk setiap hari dengan data baru oleh Datasembly menunjukkan tingkat kehabisan stok nasional mencapai tertinggi 43 persen untuk minggu pertama Mei.

Sementara kekurangan beberapa formula pertama kali muncul akhir tahun lalu, di tengah pandemi, mereka memburuk dalam beberapa bulan terakhir karena tantangan dengan rantai pasokan, penarikan produk oleh beberapa produsen Amerika dan inflasi.

Awal pekan ini, Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa dia "memohon" Undang-Undang Produksi Pertahanan dalam upaya untuk meningkatkan produksi formula di AS.

Undang-Undang Produksi Pertahanan memberi pemerintah kemampuan untuk meminta pemasok mengarahkan sumber daya yang dibutuhkan ke produsen susu formula bayi sebelum pelanggan lain yang mungkin memesan barang itu," jelas Biden.

Dia juga meluncurkan Operation Fly Formula, yang akan "mempercepat impor susu formula bayi" untuk menyediakan lebih banyak produk yang sangat dibutuhkan toko lokal.

Biden melanjutkan, "Saya telah mengarahkan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan untuk mengirim pesawat terbang ke luar negeri untuk mengambil susu formula yang memenuhi standar AS, sehingga kami bisa mendapatkannya di rak-rak toko lebih cepat. Dan saya telah mengarahkan tim saya untuk melakukannya segala kemungkinan untuk memastikan ada cukup susu formula bayi yang aman dan dengan cepat menjangkau keluarga yang paling membutuhkannya."

Dia menyimpulkan bahwa meningkatkan jumlah formula yang tersedia "adalah salah satu prioritas utama saya."

Baca: Olivia Munn bagikan Pesan Khusus untuk Para Ibu yang Sedang Berjuang