Indah Permatasari Hamil 22 Minggu, Simak Perubahan Fisik di Trimester Kedua

Arie Kriting dan Indah Permatasari mengumumkan kehamilan anak pertama yang sudah memasuki usia lima bulan pada Kamis, 12 Mei 2022. Instagram/@arie_kriting.

keluarga

Indah Permatasari Hamil 22 Minggu, Simak Perubahan Fisik di Trimester Kedua

Jumat, 13 Mei 2022 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar gembira datang dari pasangan selebritis Arie Kriting dan Indah Permatasari yang tepat pada hari Kamis, 12 Mei 2022 mengumumkan kehamilan. Saat ini kehamilan pemeran serial Wedding Aggrement ini sudah memasuki trimester kedua, tepatnya 22 minggu.

"Alhamdulillah, 22 Weeks Pregnant. Rasanya sangat bahagia dan bersyukur," tulis Indah di laman Instagramnya. Dalam foto yang diunggah tampak Indah menunjukkan baby bump-nya yang sudah terlihat, ia mengenakan atasan casual dan celana kulot. 

Begitu pula sang suami yang menuliskan kabar gembira tersebut. "Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas berkah buat kami berdua. Semoga kami bisa menjaga titipan-Mu ini. Nona sudah memasuki masa kehamilan 22 minggu. Kami berdua bahagia mendapat karunia ini. Mohon doanya buat Nona @indahpermatas ya teman-teman. Nona semangat dan selalu kuat ya, kita terus berjuang bersama," tulis Arie Kriting

Seperti yang sedang dialami oleh Indah, terdapat perubahan pada tubuh yang akan ibu hamil rasakan saat memulai masa kehamilan di trimester kedua.

Trimester kedua kehamilan sering kali membawa momen yang baru. Mual atau muntah biasanya telah berlalu, dan bayi Anda tidak cukup besar untuk membuat Anda terlalu tidak nyaman.

Ibu hamil memerlukan asupan makanan bergizi agar janin yang dikandung tumbuh sehat. (Canva)

Selama trimester kedua kehamilan, Anda mungkin mengalami perubahan fisik, termasuk:

1. Perut dan payudara membesar

Saat rahim Anda mengembang untuk memberi ruang bagi bayi, perut Anda tumbuh. Payudara Anda juga secara bertahap akan terus bertambah besar. Bra yang mendukung dengan tali lebar atau bra olahraga adalah suatu keharusan.

2. Kontraksi Braxton Hicks

Anda mungkin merasakan kontraksi ringan dan tidak teratur ini sebagai sedikit rasa sesak di perut Anda. Mereka lebih mungkin terjadi pada sore atau malam hari, setelah aktivitas fisik atau setelah berhubungan seks. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika kontraksi menjadi teratur dan terus meningkat kekuatannya. Ini bisa menjadi tanda persalinan prematur

3. Perubahan kulit

Perubahan hormonal selama kehamilan merangsang peningkatan sel pigmen (melanin) di kulit Anda. Akibatnya, Anda mungkin melihat bercak coklat di wajah Anda (melasma). Anda mungkin juga melihat garis gelap di perut Anda (linea nigra). Perubahan kulit ini biasa terjadi dan biasanya memudar setelah melahirkan.

Paparan sinar matahari, bagaimanapun, dapat memperburuk masalah ini. Saat Anda berada di luar ruangan, gunakan tabir surya. Anda mungkin juga melihat garis coklat kemerahan, hitam, perak atau ungu di sepanjang perut, payudara, bokong atau paha (stretch mark). Meskipun stretch mark tidak dapat dicegah, sebagian besar akhirnya memudar dalam intensitas.

4. Masalah hidung

Selama kehamilan, kadar hormon Anda meningkat dan tubuh Anda membuat lebih banyak darah. Hal ini dapat menyebabkan selaput lendir Anda membengkak dan mudah berdarah, mengakibatkan hidung tersumbat dan mimisan. Tetes saline atau bilas saline dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Juga, minum banyak cairan, gunakan pelembab udara, dan oleskan petroleum jelly di sekitar tepi lubang hidung Anda untuk membantu melembabkan kulit.

5. Masalah gigi

Kehamilan dapat menyebabkan gusi Anda menjadi lebih sensitif terhadap flossing dan menyikat gigi, yang mengakibatkan pendarahan ringan. Membilas dengan air garam dan beralih ke sikat gigi yang lebih lembut dapat mengurangi iritasi. Muntah yang sering juga dapat mempengaruhi email gigi Anda dan membuat Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang. Pastikan untuk menjaga perawatan gigi Anda selama kehamilan.

6. Pusing

Kehamilan menyebabkan perubahan sirkulasi yang mungkin membuat Anda pusing. Jika Anda mengalami masalah dengan pusing, minum banyak cairan, hindari berdiri dalam waktu lama, dan bergerak perlahan saat Anda berdiri atau mengubah posisi. Saat Anda merasa pusing, berbaringlah miring.

7. Keram kaki

Keram kaki biasa terjadi saat kehamilan berlanjut, sering menyerang di malam hari. Untuk mencegahnya, regangkan otot betis Anda sebelum tidur, tetap aktif secara fisik, dan minum banyak cairan. Pilih sepatu dengan mempertimbangkan kenyamanan, dukungan, dan kegunaan. Jika kram kaki menyerang, regangkan otot betis di sisi yang sakit. Mandi air panas, mandi air hangat atau pijat es juga dapat membantu.

8. Keputihan

Anda mungkin melihat keputihan yang lengket, bening atau putih. Ini normal. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika keputihan menjadi berbau kuat, warnanya tidak biasa, atau jika disertai dengan rasa sakit, nyeri atau gatal di daerah vagina Anda. Ini bisa mengindikasikan infeksi vagina.

9. Infeksi saluran kemih

Infeksi ini umum terjadi selama kehamilan. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk buang air kecil yang tidak dapat ditunda, rasa sakit yang tajam saat Anda buang air kecil, urin yang keruh atau memiliki bau yang kuat atau Anda mengalami demam atau sakit punggung. Jika tidak diobati, infeksi saluran kemih dapat menjadi parah dan mengakibatkan infeksi ginjal.

Baca: Indah Permatasari jadi Anak Tengah yang Idealis di Film Gara-Gara Warisan

MAYOCLINIC