Sambut Idul Fitri, Ini 5 Kegiatan Seru saat Kumpul Bareng Keluarga Besar

Ilustrasi silaturahmi Idul Fitri di tengah pandemi virus Corona. Shutterstock

ragam

Sambut Idul Fitri, Ini 5 Kegiatan Seru saat Kumpul Bareng Keluarga Besar

Minggu, 1 Mei 2022 22:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah dua tahun belakangan ini kita dianjurkan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah saja, akhirnya pada tahun ini kita diperbolehkan untuk mudik ke kampung halaman, bertemu dengan keluarga dan kerabat.

Bagi yang tidak mudik pun, perayaan Idul Fitri tahun ini akan terasa lebih meriah karena sudah diperbolehkan untuk berkumpul bersama, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan. Kita sudah merasa lebih aman untuk bepergian dan berkumpul karena sudah mendapatkan vaksin dua kali dan banyak juga yang sudah mendapatkan booster vaksin.

Rasa bahagia dan gembira karena bisa berkumpul bersama keluarga besar dan teman-teman pasti menjadi sesuatu yang sangat dinantikan untuk mengisi hari libur Lebaran. Setelah beberapa tahun tidak berjumpa, mungkin sudah banyak kegiatan dan acara yang kita rencanakan.

Buat kamu yang masih mencari ide kegiatan Lebaran, berikut beberapa ide dari Greenfields:

Make a Family Album

Sebelum bertemu, minta semua anggota keluarga membawa beberapa foto. Kumpulkan semua foto dan buatkan sebuah album foto keluarga yang dilengkapi dengan tulisan dan cerita seru seputar foto tersebut.

“Who’s Who” Baby Picture Contest

Minta semua anggota keluarga membawa foto dan menulis nama di belakang foto tersebut. Tempelkan foto-foto di dinding atau letakkan di atas meja, kemudian berikan waktu untuk setiap anggota keluarga menebak dan menulis jawaban mereka. Berikan waktu terbatas, kemudian kumpulkan jawaban. Berikan hadiah menarik bagi yang berhasil menebak dengan benar semua foto.

Photo Booth

Siapkan lokasi khusus – misalnya di depan dinding foto, rak buku atau backdrop yang dibikin dari gorden. Tempatkan kamera dan tripod dengan jarak yang cukup. Ajak foto semua anggota keluarga dengan tema khusus, misalnya: foto anak-anak di bawah lima tahun, foto anak remaja, foto kakek nenek dan para cucu, dan lain sebagainya. Akan seru juga jika kamu siapkan gimmicks seperti topi, tongkat, balon, confetti, atau tulisan di karton untuk dipegang dan/atau dipakai saat photoshoot.

Family Talent Show

Adakan sebuah acara talent show yang diikuti bukan hanya oleh anak-anak, namun semua anggota keluarga, termasuk ayah, ibu, paman, bibi, kakek dan nenek. Acara bisa diisi dengan bernyanyi, menari, baca puisi, main gitar, dan banyak lagi. Tampil di depan seluruh keluarga akan bantu si kecil untuk lebih percaya diri.

Long Distance Call

Saat seru bertemu dengan sanak saudara, jangan lupakan anggota keluarga yang tidak bisa ikut berkumpul karena jarak ataupun alasan lainnya. Yuk, adakan video call dengan mereka yang tidak bisa hadir. Mereka pasti akan senang bisa melihat dan berbincang bersama semua anggota keluarga yang berkumpul.

Saat perayaan Idul Fitri, kita biasanya membawa hantaran untuk keluarga dan teman. Jika sebelumnya, hantaran tersebut kita kirimkan dengan kurir ke rumah keluarga, maka tahun ini, hantaran bisa kita serahkan secara langsung dan nikmati bersama.

ilustrasi susu (pixabay.com)

Selama dua tahun #DiRumahAja, semakin banyak dari kita yang lebih peduli terhadap kesehatan dan daya tahan tubuh dengan menjaga asupan gizi yang seimbang dan melalukan olahraga secara teratur. Saat berkumpul bersama keluarga, selain menghidangkan minuman yang manis, ada baiknya juga untuk tetap memberikan hidangan yang bernutrisi. Susu segar adalah salah satu contoh minuman yang selain bernutrisi, juga lezat rasanya.

Menurut ahli gizi Esti Nurwanti, susu bisa berfungsi sebagai #BoosterImun karena memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Susu merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Umumnya, satu gelas susu mengandung sekitar 8-gram protein. Protein dibutuhkan dalam banyak fungsi vital dalam tubuh. Salah satunya adalah memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi.

"Ada juga Vitamin B1 yang memainkan peranan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi sumber energi dan Vitamin B2 yang berperan dalam dalam produksi sel darah merah, yang merupakan salah satu komponen penting dalam fungsi imun tubuh.” 

Baca:  Ini Cara Shahnaz Haque Rayakan Idul Fitri 2022 Bersama Keluarga