McDonald's Indonesia Rilis Kampanye Pahlawan Wanita Indonesia Ini 4 Kisahnya

McDonald's Indonesia rilis Kampanye Pahlawan Wanita Indonesia/McDonalds

profil

McDonald's Indonesia Rilis Kampanye Pahlawan Wanita Indonesia Ini 4 Kisahnya

Senin, 25 April 2022 21:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Bertepatan dengan perayaan Hari Kartini pada 21 April 2022, McDonald’s Indonesia menghadirkan Kampanye Pahlawan Wanita Indonesia yang bertujuan mengajak generasi muda untuk mengenal lebih dekat para pahlawan Wanita. Para Srikandi Indonesia ini harapannya bisa dikenal sebagai sosok yang turut berperan dalam memperjuangkan bangsa ini. Untuk itu, McDonald’s Indonesia meluncurkan edisi figur 3D dari empat pahlawan wanita Indonesia. Keempat pahlawan itu adalah R.A. Kartini, Nyi Ageng Serang, Maria Walanda Maramis & Martha Christina Tiahahu.

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka menyatakan bahwa sebagai bangsa yang besar, penting sekali bagi masyarakat Indonesia untuk selalu mengingat sejarah perjalanan bangsa yang juga dibangun oleh para wanita hebat. Ia mengatakan penting sekali masyarakat Indonesia menghargai sejarah dan pengorbanan para pahlawan. Harapannya hal itu bisa semakin meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. "McDonald’s Indonesia ingin turut berperan aktif dalam upaya mengenang dan menghargai jasa para pahlawan, khususnya para pahlawan wanita. Ini merupakan kelanjutan dari kampanye Pahlawan yang telah kami mulai bulan November tahun lalu,” kata Sutji Lantyka pada 21 April 2022.

Gerakan Kampanye Pahlawan wanita Indonesia pun turut menjadi langkah untuk memberikan apresiasi kepada para wanita yang telah membantu membangun bangsa, maupun yang telah berkarya melalui profesi masing-masing. Harapannya, kampanye ini dapat menginspirasi wanita Indonesia untuk terus berusaha mewujudkan mimpinya.

Dalam kampanye ini, McDonald’s meluncurkan edisi spesial figur 3D pahlawan wanita Indonesia yang bisa didapatkan oleh konsumen mulai 15 April sampai 30 Juni 2022 secara gratis, melalui pembelian produk Paket Family Weekend di McDonald’s seluruh Indonesia. Figur 3D ini terbuat dari kertas dengan detail ilustrasi beraliran realis yang dapat dirakit sendiri. Setiap figur 3D dilengkapi dengan kode QR pada kartu pahlawan, yang akan mengarah ke laman media streaming Youtube, di mana konsumen dapat mendengarkan kisah perjuangan para pahlawan.

Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia Caroline Kurniadjadja pun berharap kampanye pahlawan wanita dari McDonald’s ini bisa membuat generasi muda mengenang dan mempelajari bagaimana perjuangan keempat pahlawan wanita Indonesia dengan cara yang unik, seru, dan menyenangkan. "Dan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi kaum wanita di Indonesia untuk terus berkarya dan mewujudkan mimpinya,” ujar Caroline Kurniadjadja.

Anggota keluarga dari Pahlawan Nasional Indonesia R.A. Kartini, R.A. Asri Miminingtyas menyambut baik dengan kampanye tersebut. Asri mengucapkan syukur atas penghargaan yang diberikan kepada R.A Kartini. Kegiatan itu ia anggap bisa memberi dampak positif kepada generasi muda Indonesia untuk membangun karakter mereka. "Dan kami berharap semoga semakin banyak wanita muda yang terinspirasi melalui kampanye ini dan menciptakan karya-karya hebat untuk Indonesia,” ucap R.A. Asri Miminingtyas.

Adapun Paket Family Weekend edisi Pahlawan Wanita Indonesia ini hadir dalam beberapa seri. Seri 1 di mulai pada 15 April yang menampilkan R.A. Kartini dan Nyi Ageng Serang, sedangkan seri 2, mulai 21 April menampilkan Maria Walanda Maramis dan Martha Christina Tiahahu.

Sebelum berkreasi dengan 3D Figur Pahlawan dari McDonald’s Indonesia, berikut beberapa informasi menarik seputar pahlawan wanita Indonesia yang perlu diketahui, terutama oleh generasi muda masa kini:

1. Raden Ajeng Kartini (R.A Kartini)

R.A. Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879 dan keluarganya termasuk sebagai keturunan bangsawan. Statusnya ini pun membuat R.A Kartini memiliki kesempatan untuk belajar di sekolah elit, ELS (sekolah dasar Eropa) sehingga berkesempatan mengenal teman-teman keturunan Eropa. Wawasannya semakin terbuka, karena saat ia terpaksa berhenti sekolah, ia pun banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, serta menulis surat kepada sahabatnya di Eropa. Hal itu pun memacu semangat dirinya untuk memajukan kaum perempuan pribumi pada masa itu, yang masih berada pada status sosial rendah.

R.A Kartini memperjuangkan emansipasi wanita agar perempuan pribumi bisa memiliki status sosial dan hak setara dengan laki-laki. Perjuangannya tak mudah dan dipenuhi jalan panjang berliku, namun tekad dan semangat R.A Kartini berhasil memberikan dampak nyata, hingga dirinya dinobatkan sebagai pahlawan kemerdekaan nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 yang dikeluarkan pada 2 Mei 1964.

2. Nyi Ageng Serang

Perang Diponegoro merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu tokoh penting dalam Perang Diponegoro adalah sosok pahlawan wanita yang lincah, cerdas dan memiliki tekad kuat, yakni Nyi Ageng Serang. Ia dikenal ahli dalam menyusun taktik dan strategi perang. Kemampuannya tersebut pun membuat Pangeran Diponegoro memilihnya sebagai penasihat perang.

Nyi Ageng Serang merupakan seorang wanita dengan nasionalisme tinggi, hingga menjadi pejuang yang berpartisipasi dalam perang melawan penjajah. Cita-citanya mulia menggetarkan semangat, “Biarkan aku mati dengan sukarela untuk kepentingan bangsaku seribu tahun nanti.” Atas perjuangannya, pada tanggal 13 Desember 1974, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan ketetapan SK 084/TK/1974.

3. Maria Walanda Maramis

Sosok pahlawan wanita yang berperan bagi bangsa Indonesia selanjutnya adalah Maria Walanda Maramis. Meski Namanya cukup asing, ia bisa dibilang sebagai Kartini dari Minahasa. Sebab, Maria Walanda Maramis merupakan tokoh perempuan asal Minahasa yang juga memperjuangkan hak perempuan di bidang politik dan pendidikan. Pada Juli 1917, ia mendirikan sebuah organisasi bernama Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT).

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi kaum perempuan agar mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, lewat pendidikan membaca dan menulis, hingga seputar kehidupan rumah tangga seperti memasak, merawat bayi, menjahit dan lain sebagainya. Untuk mengenang jasanya, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional dengan SK 012/TK/1969 pada 20 Mei 1969.

4. Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu merupakan sosok pahlawan wanita Indonesia yang berasal dari Pulau Nusalaut, dan berperan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Ia merupakan seorang wanita pejuang yang terlibat dalam pertempuran sejak usia muda. Sebagai pahlawan wanita, keberanian Martha Christina Tiahahu tentulah patut dijadikan teladan.

Semangatnya untuk berjuang membela bangsa sangat tinggi walaupun nyawanya menjadi taruhan. Tekad tersebut pun mengantarkan dirinya untuk terlibat dalam pertempuran di Saparua, yang menjadi awal perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda, hingga ikut serta dalam perang Pattimura. Namanya kini dikenal sebagai pahlawan perempuan yang melegenda melalui SK Presiden RI No. 012/TK/Th 1969.

Dari 4 sosok pahlawan wanita Indonesia itu, siapa yang menjadi favoritmu?

Baca: Rayakan Hari Kartini, Sri Mulyani: Jangan Lupakan Semangat dan Cita-Citanya