Rayakan Hari Kartini, Sri Mulyani: Jangan Lupakan Semangat dan Cita-Citanya

Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde/Instagram @smindrawati

karir

Rayakan Hari Kartini, Sri Mulyani: Jangan Lupakan Semangat dan Cita-Citanya

Kamis, 21 April 2022 22:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada masyarakat Indonesia dari Washington DC, Amerika Serikat. Sri Mulyani membagikan berbagai kegiatannya dengan koleganya yang beberapa di antaranya perempuan. "Saya bersama para Kartini Kemenkeu yang mengikuti rangkaian acara G20 di Washington DC," katanya dalam unggahan pada 21 April 2022.

Sri Mulyani mengatakan bahwa peringatan hari kelahiran pahlawan Kartini bisa diperingati dengan melakukan evaluasi diri. "Hari Kartini seyogyanya diperingati dengan introspeksi diri dan berkontemplasi seberapa hasil perjuangannya telah kita, para perempuan Indonesia, rasakan hari ini, bukan sekedar mengenakan kebaya atau baju tradisional," katanya.

Ia mengatakan sosok RA Kartini adalah tokoh perempuan luar biasa yang memiliki pemikiran jauh lebih maju dari zamannya. "RA Kartini merupakan tokoh yang mengenalkan pentingnya pemberdayaan perempuan, persamaan hak dan kesempatan bagi mereka untuk berkiprah dalam keluarga dan negara," katanya.

Melalui perhelatan G20 di Washington, D.C., ia telah menyaksikan fenomena historis dalam dunia keuangan. Semakin banyak pemimpin perempuan yang ikut andil dalam mengelola berbagai risiko besar yang terjadi pada dunia. "Kini para perempuan turut mengambil peran dalam mendiskusikan apa yang sedang terjadi pada dunia dan bagaimana cara mengelola risiko besar tersebut," katanya.

Bahkan para perempuan itu tidak hanya sebagai peserta, namun juga menjadi pemimpin dan bisa memberikan dampak dalam diskusi penting itu.

"Ini merupakan contoh bahwa berbagai persepsi yang membatasi peranan perempuan hanyalah sesuatu yang bersifat stereotyping yang beranggapan jika perempuan maka tidak bisa, tidak paham, tidak berani," katanya.

Kepada semua wanita Indonesia, Sri Mulyani berpesan agar jangan menyerah dan takut. "Kepada seluruh perempuan, jangan mudah menyerah atau jangan mudah takut. Kita bisa mendobrak stigma yang membatasi peranan kita," katanya.

Sri Mulyani mengutip studi McKinsey yang menunjukkan bahwa perempuan dapat memberikan nilai tambah hingga AS 28 Triliun dollar atau 26 persen dari ekonomi dunia jika mereka diberi kesempatan untuk berkiprah. "Bila laki-laki dan perempuan bisa memberikan kontribusi yang sama, maka akan ada nilai tambah. Ini artinya pemberdayaan perempuan juga merupakan investasi bagi dunia. Sepakat dengan saya?" katanya.

Ia berharap agar para wanita bisa memberikan dampak dan mandaat bagi lingkungannya. "Jadilah inspirator yang memberikan dampak dan manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri, namun bagi keluarga serta bangsa Indonesia," katanya.

Selamat memperingati Hari Kartini.

Pada kesempatan itu, Sri Mulyani juga mengajak sahabatnya, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, untuk memberikan ucapan Selamat Hari Kartini untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Memberikan semangat untuk seluruh perempuan Indonesia untuk terus berkarya - berkontribusi dan berperan di seluruh bidang: sosial, ekonomi, politik, hukum, seni budaya, kesehatan pendidikan ..termasuk bidang science and technology..!

Anda semua perempuan hebat ..anda bisa..!" tulisnya.

Baca: Ingat Cucu, Sri Mulyani Borong Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah