Tips Packing Praktis Ala Ramon Y Tungka untuk Mudik

Ilustrasi mudik. Dok. Pegipegi

keluarga

Tips Packing Praktis Ala Ramon Y Tungka untuk Mudik

Minggu, 24 April 2022 10:03 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu mudik sudah dekat. Kerap kali barang bawaan justru membuat perjalanan untuk berlibur dan melancong menjadi tidak efisien karena tidak disiapkan atau dipacking dengan baik, untuk mengatasi hal itu aktor Ramon Y Tungka yang dikenal sebagai traveler membagikan tips packing praktis ini bisa bikin waktu liburan kamu menjadi menyenangkan.

Ramon menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan untuk packing adalah observasi. Observasi itu penting dilakukan untuk melihat kebutuhan kita selama di perjalanan. "Observasinya bisa berupa melihat kondisi cuaca, tempat kita pergi traveling, sampai durasi perjalanan sehingga dengan data- data yang dikumpulkan kita bisa memastikan berapa banyak kebutuhan dan mencukupkannya dengan barang bawaan kita," kata Ramon dalam acara Peluncuran EIGER Environment, Social and Governance (ESG) Report 2021 di Jakarta Selatan, dikutip Jumat 24 April 2022.

Setelah berhasil mengobservasi, siapkan barang- barang yang akan dibawa untuk melakukan perjalanan berlibur.

Periksa kebutuhan dari atas kepala hingga ujung kaki untuk memastikan semua kebutuhan terakomodir, misalnya untuk bagian kepala dan leher anda bisa menyiapkan topi, kacamata hitam, bandana, lalu masuk ke bagian badan anda bisa menyiapkan baju panjang hingga jaket, pada bagian kaki anda bisa menyiapkan celana hingga sepatu dan semuanya disesuaikan dengan kebutuhan. "Nah kalau sudah seperti itu langkah selanjutnya pastikan bawa cadangan juga," kata Ramon Y Tungka.

Pria yang juga seorang sineas itu mengingatkan bahwa tips packing praktis untuk mudik lainnya adalah memikirkan kebutuhan cadangan. Barang-barang cadangan ini dibutuhkan apabila ternyata barang utama yang dibawa mengalami kerusakan atau bahkan ketika melakukan perjalanan justru terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Selain itu tips packing praktis lain adalah jangan lupa juga membawa kebutuhan dasar seperti obat- obatan dan peralatan mandi sehingga kebersihan dan keamanan diri bisa lebih terjaga. "Kalau semua itu sudah dilakukan, lalu apik menatanya, tentu packing-nya juga akan cepat dan mudah," kata Ramon Y Tungka.

Baca: Mudik Tinggal Menghitung Hari, Ini 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman