Cara Kartini Mengisi Waktu Luang Selain Membaca, Belajar Membatik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Raden Ajeng Kartini bersama dua saudarinya Kardinah dan Roekmini. Wikipedia/Tropenmuseum

Raden Ajeng Kartini bersama dua saudarinya Kardinah dan Roekmini. Wikipedia/Tropenmuseum

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini 21 April 2022 Indonesia memperingati Hari Kartini yang mengingatkan mengenai perjuangan meraih hak perempuan. Kartini dibesarkan dalam tradisi Jawa feodal. Ia ingin merombak tradisi yang telah membuatnya merasa seperti terpenjara kala dipingit.

Hal yang perlu diketahui ialah hari-hari Kartini tak melulu dihabiskan dengan senda gurau belaka. Setiap hari ketiganya menghabiskan waktu dengan aneka hobi, seperti menggambar, melukis, dan bermain piano. Setiap siang, mereka belajar membatik di serambi belakang bersama Ibu Ngasirah.

Kartini menularkan hobinya membaca kepada dua adiknya. Surat kabar Semarang, De Locomotief, yang diasuh Pieter Brooshooft; sejumlah majalah lain, seperti majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat; serta majalah wanita Belanda, De Hollandsche Lelie, menjadi sahabat mereka.

Kartini sendiri tetap meneruskan kebiasaannya kala dipingit sendirian, seperti dikemukakan Roekmini dalam suratnya kepada Nyonya De Booy-Boissevan, “Mbakyu Kartini selalu sibuk. Siang tidak beristirahat, malam menulis sampai jauh malam. Jam lima pagi ia sudah memasang lampunya lagi untuk meneruskan tulisannya.

”Salah satu tulisannya berjudul Het huwelijk bij de Kodjas menceritakan upacara perkawinan suku Koja di Jepara, yang kemudian dimuat dalam Bijdragen tot de Taal-Land-en Volkenkunde van Ned-Indie pada 1898.

Baca:  Kedekatan Kartini dengan Marie Ovink-Soer, Belajar Pola Hubungan Setara

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."