4 Langkah Perawatan Bibir Kering sebelum Pakai Lipstik

Ilustrasi lipstik. Unsplash.com/Freestocks Org

kecantikan

4 Langkah Perawatan Bibir Kering sebelum Pakai Lipstik

Jumat, 22 April 2022 04:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu tantangan pemilik bibir kering adalah saat mengaplikasikan lipstik. Sebab bibir kering bisa membuat tampilan lipstik seperti pecah-pecah dan tak merata pulasannya. 

Hidrasi dan perawatan serba melembapkan merupakan solusinya. Untuk lebih lengkapnya, jangan lewatkan sederet langkah perawatan bibir kering sebelum menggunakan lipstik.

4 Langkah Perawatan Bibir Kering sebelum Pakai Lipstik

1. Menggunakan masker bibir

Sebelum tidur, dianjurkan untuk menggunakan masker bibir yang mengandung banyak bahan emolien. Kandungan tersebut dapat meregenerasi kulit bibir dan juga cepat meresap sehingga dapat melembapkan bibir.

2. Eksfoliasi dengan scrub bibir di pagi hari

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan bibir sehat dengan melakukan eksfoliasi dengan scrub bibir. Perawatan itu bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan bibir, dan paling penting untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

Perlu diingat, jangan pula terlalu sering melakukan eksfoliasi. Sebab bisa mengakibatkan luka atau iritasi di bibir yang merupakan area kulit yang tipis.

"Terlalu sering untuk eksfoliasi dapat menyebabkan gangguan di kulit luar seperti kering dan iritasi," kata Joshua Zeichner, M.D., dermatolog dari New York.

Ia juga menyarankan untuk menggunakan gula sebagai bahan scrub bibir karena teksturnya yang lembut di bibir.

3. Pakai pelembap bibir sebelum menggunakan lipstik

Pelembap bibir berperan penting dalam membantu menyatukan warna lipstik di bibir agar lebih indah dan tidak pecah-pecah. Anda bisa menggunakan pelembap bibir, lalu  diamkan sebentar selama sepuluh detik sebelum menggunakan lipstik. Namun, jika dalam keadaan terburu-buru, bisa menggunakan pelembap bibir beberapa jam sebelum merias wajah.

4. Gunakan lipstik yang kaya pelembap

Menggunakan lipstik yang kaya kandungan pelembabnya seperti asam hialuronat, emolien, dan vitamin tidak hanya berpengaruh untuk warna bibir creamy dan mudah dipakai, tetapi bisa juga menjadi pelembap bibir.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

WIBI PUTRI R. | REAL SIMPLE