8 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

kecantikan

8 Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Sabtu, 26 Oktober 2019 11:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan bibir kering dan pecah-pecah tentu mengurangi kenyamanan. Bahkan, kondisi ini membuat Anda tak bisa menahan diri untuk mengelupas kulit bibir, sehingga membuat bibir menjadi perih hingga berdarah. 

Kulit bibir lebih tipis dan halus dibandingkan kulit anggota tubuh lainnya. Selain itu, kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Karena itu, bibir menjadi rentan kering dan pecah-pecah. Terkena paparan sinar matahari, kurangnya kelembapan udara, terpapar cuaca dingin, konsumsi makanan pedas, kebiasaan menjilat bibir, bernapas melalui mulut, hingga konsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. 

Bibir kering dan pecah-pecah umumnya bukanlah masalah serius. Namun pada beberapa kasus, bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, kekurangan asupan vitamin, gangguan tiroid, hingga radang usus.  

Berikut 8 cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

1. Hindari makan makanan pedas

Bagi Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas. Pasalnya, makanan pedas dapat mengakibatkan kulit bibir mengalami iritasi. Bila bibir kering dan pecah-pecah, kondisi ini pun bisa makin parah akibat konsumsi makanan pedas. 

2. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, termasuk kulit pada bibir Anda. Dengan ini, bibir Anda pun akan tetap sehat dan terhindar dari kondisi kering yang berujung pada pecah-pecah.