3 Tips Jitu Cegah Kulit Kering saat Puasa Bulan Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurangnya asupan cairan dan pola makan yang tidak teratur selama bulan Ramadan cenderung menimbulkan masalah pada kulit seperti bibir kering, bibir pecah-pecah, hingga jerawat. Tidak jarang Anda akan alami kulit kering saat puasa. Dokter spesialis kulit dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada Rabu 13 April 2022 pun membagikan beberapa cara cegah kulit kering saat puasa.

Namun, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips cegah kulit kering saat puasa di bulan Ramadan seperti dikutip dari siaran pers Tokopedia.

1. Banyak minum air putih

Cara mudah pertama untuk cegah kulit kering saat puasa adalah minum air putih. Selama Ramadan, pastikan asupan cairan dalam tubuh Anda terpenuhi guna menjaga kelembapan kulit. Diketahui, manusia membutuhkan minimal 1,5 hingga 2 liter atau 8 gelas air putih setiap harinya.

Kardiana menyarankan untuk minum dua gelas saat sahur dan sebelum imsak, lalu enam gelas saat berbuka puasa hingga sebelum tidur. “Hindari minuman berkalori tinggi, serta gula yang berlebih, seperti soda atau sirup, karena dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada kulit terutama yang sensitif, seperti jerawat, iritasi hingga eksim,” tambah dia.

2. Perhatikan durasi mandi dan suhu air

Cara lain untuk cegah kulit kering saat puasa adalah dengan memperhatikan durasi mandi dan suhu air. Hindari mandi terlalu lama terlebih menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dalam jangka panjang. Aktivitas scrubbing juga sebaiknya dilakukan cukup seminggu sekali.

3. Konsumsi makanan yang baik untuk kulit

Cegah kulit kering saat puasa juga bisa mengontrol asupan Anda di bulan Ramadan. Makanan yang dikonsumsi juga ternyata dapat mempengaruhi kulit. Kurma bisa menjadi salah satu buah yang Anda makan di bulan Ramadan. Kardiana mengatakan, konsumsi kurma secara wajar dapat membuat kulit menjadi lembut. "Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan kandungan air tinggi, seperti semangka, pepaya, jeruk dan nanas, juga dapat menjaga kelembapan kulit,” ujarnya.

Baca: Cegah Kering dan Kusam, Simak 5 Perawatan Kulit Malam Hari Saat Musim Hujan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."