Terinspirasi Alam Afrika, Hian Tjen Rilis Koleksi Couture Bertajuk Provenance

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Hian Tjen x Make Over tampil di panggung mode dunia Arab Fashion Week 2022/2023 yang mempersembahkan koleksi couture bertajuk

Hian Tjen x Make Over tampil di panggung mode dunia Arab Fashion Week 2022/2023 yang mempersembahkan koleksi couture bertajuk "PROVENANCE"/Foto: Doc. Makeover

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Make Over turut berpartisipasi bersama couture desainer ternama Indonesia Hian Tjen, dalam Arab Fashion Week 2022/2023 yang telah diselenggarakan pada 25 Maret 2022 di Dubai Design District, United Arab Emirates. Ini merupakan bentuk konsistensi Make Over yang selalu mendukung desainer mode Indonesia, dengan menghadirkan makeup look beragam dan sebagai brand yang sangat relevan dengan industri fashion.

Hian Tjen x Make Over merupakan satu-satunya designer perwakilan Indonesia yang terpilih berpartisipasi dalam acara Arab Fashion Week 2022/2023, memamerkan karya Couture Collection “Provenance”. Koleksi couture Hian Tjen terdiri dari 31 tampilan yang terinspirasi dari esensi Afrika yang menyinari sosok manusia di alam liar di Afrika, menuangkan simbol geometris, simbol “Adinkra” dan lukisan yang dipamerkan melalui desain kuat yang menciptakan keseimbangan dan harmoni.

Kualitas desain formal yang dikombinasikan dengan spiritualitas kuat dan semangat ekspresif ini memikat seniman dari awal abad kedua puluh untuk mengeksplorasi dinamika baru dalam seni. Tentunya, koleksi couture Hian Tjen diperkuat oleh tampilan makeup bertema #StayGorgeousAllWays yang dihadirkan oleh Make Over.

Pada koleksinya, Hian Tjen selalu memamerkan potongan siluet yang sederhana dan clean, disertai dengan sentuhan akhir yang fokus pada detail, seperti teknik jahit tangan cross stitch, beadings, hand painting, dan teknik bordir yang telah menghabiskan waktu lebih dari 2400 jam untuk menghasilkan kemewahan dan kualitas terbaik di setiap desainnya. Elemen-elemen tersebut menjadi detail utama yang akan memberikan kesan kuat dan anggun dari koleksi “Provenance”.

Paula Verhoeven saat berjalan di fashion show Hian Tjen x Make Over di Arab Fashion Week, 25 Maret 2022. (dok. Make OVer)

“Asal mula ide koleksi “Provenance” ini berasal dari pengalaman perjalanan yang tidak terlupakan, dimana saya menyaksikan sendiri keindahan pemandangan, keragaman budaya, sejarah dan tradisi yang unik di berbagai negara di Afrika. Inspirasi tersebut telah menghadirkan hasil karya dengan sentuhan kulturisasi yang kuat beserta dengan signature style Hian Tjen yaitu, modern, simple namun elegan,” ujar Hian Tjen, dalam konferensi pers, Kamis, 7 April 2022.

Koleksi Provenance ini memiliki tujuan untuk mempertunjukkan keindahaan Afrika dimana Hian Tjen telah lebih dahulu mempelajari lebih dalam tentang seluk-beluk Afrika dan ditemukannya teori “Out of Africa” yang menjelaskan bahwa asal usul manusia modern saat ini berasal dari Afrika. Hal tersebut menginspirasi judul koleksi tahun ini. Provenance yang memiliki arti “asal usul”.

Kolaborasi Make Over bersama Hian Tjen akan menghadirkan tampilan glam untuk menunjukkan kekuatan dan otentisitas seorang perempuan agar selalu berani mengekspresikan diri sendiri, dare to be bold dan tidak ragu untuk menunjukkan kekuatan masing-masing agar #StayGorgeousAllWays.

Stephanie Lie, Senior Group Head of Masstige and Advanced Beauty mengungkapkan, “Hadirnya Make Over di panggung internasional seperti Arab Fashion Week menyampaikan bahwa brand kecantikan dari Indonesia juga dapat hadir di panggung internasional untuk mengakomodasi kebutuhan makeup dunia.

"Kolaborasi ini juga sejalan dengan campaign #StayGorgeousAllWays, di mana kami ingin mempresentasikan keberagaman serta inklusivitas dalam fashion dan kecantikan, menginspirasi semua wanita di dunia untuk melihat kecantikan dalam diri masing-masing dengan cara yang positif dan memberikan setiap orang visibilitas yang nyata untuk bergaya dan berekspresi secara maksimal sesuai keinginan mereka masing-masing," ucapnya.

Runway Arab Fashion Week sendiri adalah pekan mode resmi di Dubai dan kawasan Timur Tengah yang diselenggarakan oleh Arab Fashion Council yang bekerja sama dengan Dubai Design District. Pekan mode yang diadakan empat kali dalam setahun ini termasuk dalam lima pekan mode yang paling diakui di seluruh dunia bersamaan dengan New York, London, Milan dan Paris Fashion Week.

Acara Hian Tjen x Make Over di Arab Fashion Week 2022/2023 didukung oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan dihadiri oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai, yaitu Bapak K. Candra Negara. Kemudian sebagai Muse di panggung show ada Paula Verhoeven dan Patricia Gow.

Baca: Cerita Paula Verhoeven Ikut Fashion Show Lagi, Sempat Grogi dan Latihan Sendiri

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."