Waspada, Sariawan Bisa Jadi Gejala Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi sariawan. Tistory.com

Ilustrasi sariawan. Tistory.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak gejala diabetes yang kerap dialami para pasien. Sariawan bisa jadi gejala diabetes. "Gangguan gigi kemudian gangguan mulut termasuk sariawan bisa terjadi akibat masalah gula darah tinggi," kata Founder Komunitas Sobat Diabet dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rudy Kurniawan pada acara kesehatan yang digelar daring, Kamis 8 April 2022.

Rudy menjelaskan, gula darah yang tinggi yakni bila kadar gula darah puasa lebih dari 125 mg/dl, bisa menyebabkan mulut kering lalu mengganggu pertahanan sistem kekebalan atau imun di dalam rongga mulut. Inilah yang kemudian mengakibatkan munculnya sariawan dan bahkan infeksi tambahan. "Bisa juga terjadi infeksi tambahan misalkan terbentuknya plak, menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang," kata dia.

Menurut dia, bahaya ini bisa bertambah buruk seiring kondisi sistem imun yang rendah pada mereka dengan diabetes. Infeksi yang awalnya lokal pun bisa menjadi sistemik atau keseluruhan.

Rudy mengingatkan, diabetes dapat timbul tanpa gejala. Munculnya gejala selain sariawan, antara lain meningkatkan frekuensi buang air kecil, rasa haus dan lapar berlebihan, penurunan berat badan, kulit menjadi bermasalah hingga kesemutan sebenarnya pertanda terlambatnya pasien menyadari penyakitnya.

"Kalau sudah terjadi gejala itu sebenarnya sudah terlambat. Makanya kita penting untuk melakukan skrining atau evaluasi awal ada tidaknya diabetes terutama pada kelompok yang berisiko," kata dia.

Baca: 9 Khasiat Lidah Buaya Redakan Sariawan dan Organ Pencernaan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."