Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Cukup saat Puasa Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidur yang cukup menjadi kunci penting dalam menjaga kesegaran badan di bulan puasa Ramadan agar terhindar dari berbagai hal buruk yang berdampak bagi kesehatan tubuh.Tidur yang cukup menjadi kunci penting dalam menjaga kesegaran badan di bulan puasa Ramadhan agar terhindar dari berbagai hal buruk yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Bridle, ahli teknologi tidur utama di London Sleep Centre Dubai mengatakan jika rutinitas tidur yang mengalami perubahan dari jam biasanya dapat mempengaruhi kegiatan seseorang di siang hari seperti perubahan suasana hati yang cepat dan meningkatkan risiko cedera.

"Kualitas tidur, makanan, dan minuman yang baik sangat penting bagi tubuh manusia," kata Bridle. "Tubuh kita akan merespon apa yang kita konsumsi. Dengan adanya perubahan semua ini, kita menemukan diri dalam keadaan lelah, kewalahan, serta semangat kita menjadi turun dan terhambat."

Bridle juga mengatakan jika kurang tidur bisa mengakibatkan perubahan hormon yang berperan dalam mengontrol nafsu makan. "Ketika kurang tidur, nafsu makan Anda meningkat yang membuat puasa Ramadan terasa begitu sulit."

Walaupun begitu, cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup selama bulan puasa Ramadan dapat dilakukan dengan bertahap. Bridle juga memberikan beberapa cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik selama bulan puasa Ramadan.

Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

Kuantitas Tidur

Membuat rencana sebelum puasa Ramadan seperti jadwal tidur lebih awal dari sebelum-sebelumnya. Dimulai dari tidur pada pukul 23.00 atau tidur empat jam setelah berbuka puasa, lalu bagun jam 3.30 pagi untuk makan sahur dan subuh lalu kembali tidur sekitar jam 5 pagi selama dua jam. 

Tidur siang dapat membantu Anda menambah energi saat jam kerja. Tidur selama 20 menit sudah cukup memberikan kesegaran tubuh. Tidak disarankan tidur melebihi 20 menit karena tubuh akan semakin lemas dan capek.

Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik tidak hanya dari durasi jam tidurnya saja, tetapi juga bagaimana membuat suasana tidur yang nyaman dengan tidur dalam keadaan gelap dan tenang. Berikut ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

- Kurangi konsumsi gula terlalu banyak. 

- Hindari makanan pedas saat berpuasa. Selain dapat melukai lapisan perut, makanan pedas juga bisa mengganggu pencernaan yang dapat mengurangi kualitas tidur seperti terjadinya sakit perut.

- Hindari makanan gorengan yang berminyak. Kandungan lemak yang ada dapat mengganggu proses pencernaan di hati.- Hindari minuman berkafein. 

- Hindari makanan asin. Hal ini dilakukan agar tidak membuat Anda kehausan di tengah malam.

Baca: Putra Sulungnya Latihan Puasa Ramadan Pertama Kali, Andien: Kawa Semangat Sahur

WIBI PUTRI R | THE NATIONAL NEWS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."