Puasa saat Hamil, Irish Bella: Kali Ini Rasanya Lebih Ringan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menurut Irish Bella, kehamilannya kali ini ringan banget, senang bisa puasa bareng keluarga/Foto: Mothercare

Menurut Irish Bella, kehamilannya kali ini ringan banget, senang bisa puasa bareng keluarga/Foto: Mothercare

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dibandingkan kehamilan sebelumnya, pengalaman Irish Bella saat mengandung tahun ini terasa minim kendala sehingga dia diizinkan untuk tetap berpuasa.

Aktris bernama asli Yris Jetty Dirk de Beule ini senang bisa tetap menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. "Kehamilan kali ini ringan banget, senang bisa puasa bareng keluarga," kata Bella dalam konferensi pers daring Mothercare, Rabu, 6 April 2022. 

Melewati bulan Ramadan tanpa ikut menjalani aktivitas seperti sahur dan buka puasa bersama terasa kurang afdal, itulah mengapa selebritas 25 tahun ini bahagia kala mendapat lampu hijau untuk berpuasa dari dokter kandungan. Pada akhir Maret, dikutip dari akun Instagram resminya, dia baru mengadakan acara syukuran empat bulan kehamilan.

Istri Ammar Zoni ini mengenang pengalaman saat mengandung putranya, Air Rumi Akbar 1453, yang lahir pada September 2020. Pada trimester pertama, kondisi fisiknya betul-betul rentan.

"Aku enggak bisa ngapa-ngapain, sempat harus pakai kursi roda di trimester awal karena kehamilan masih rentan," kata pemeran sinetron "Cinta Suci".

Tahun ini, kehamilan anak yang berjenis kelamin perempuan ini terasa lebih ringan, sehingga Bella semangat untuk menjalankan berbagai aktivitas, termasuk saat bulan puasa.

Ini adalah momen hamil keempat untuk Irish Bella. Pada Oktober 2019, Irish Bella dan Ammar Zoni kehilangan putri kembar yang meninggal dalam kandungan akibat solusio, tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas sehingga aliran darah tidak lancar ke bayi.

Ibu hamil aman jalani puasa Ramadan asalkan melakukan persiapan optimal. Apa saja persiapannya? Yang pertama, asupan bergizi saat sahur dan buka puasa, menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan Muhammad Fadli.

"Selama berbuka, pastikan terhidrasi atau minum minimal 2-2,5 liter sehari. Kalau kurang, ini akan berdampak dengan volume cairan ketuban dan bisa memicu kontraksi," katanya dalam Virtual Media Briefing bertajuk "Siap hadapi Ramadhan untuk keluarga Indonesia", Kamis, 31 Maret 2022.

Saat sahur, sebaiknya perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, tidak lupa menyertakan asupan protein untuk pertumbuhan janin.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi kafein karena akan membuat sering ke toilet dan memicu dehidrasi dan jangan konsumsi makanan terlalu manis karena kalau gula darah naik secara cepat maka gula darah dalam tubuh juga akan turun secara drastis.

Baca: Lewat Video Romantis untuk Ammar Zoni, Irish Bella Beri Kejutan Hamil

ANTARA | SILVY RIANA PUTRI 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."