6 Manfaat Asam Linoleat untuk Kulit,  Perkuat Skin Barrier dan Kontrol Jerawat

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

kecantikan

6 Manfaat Asam Linoleat untuk Kulit, Perkuat Skin Barrier dan Kontrol Jerawat

Kamis, 7 April 2022 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lemak baik untuk tubuh, termasuk kulit. Salah satu jenis lemak yang dibutuhkan kulit adalah asam linoleat

"Asam linoleat adalah asam lemak omega-6 esensial yang dikenal sebagai "vitamin F, untuk 'lemak'," kata dokter SkinSpirit, Linne Linder, ND, dikutip dari Well and Good.

Asam linoelat biasanya ditemukan dalam minyak nabati, termasuk biji rami, biji bunga matahari, biji anggur, argan, evening primrose, biji wijen, biji labu, almond manis, dan pir berduri.

Dokter Linder menjelaskan lebih lanjut bahwa tubuh kita menggunakan asam linoleat untuk membuat dua jenis lipid berbeda agar kulit berfungsi optimal. Apa itu? Yang pertama, ceramides, blok pembangun yang membantu mengisi celah di antara sel-sel kulit; dan Prostaglandin berkhasiat mengontrol peradangan membantu jaringan Anda sembuh dari cedera.

Sementara itu, menurut dermatologis selebriti, Natalie Aguilar, asam linoleat seperti bantalan lemak untuk mencegah dehidrasi pada kulit. "Asam linoleat juga membuat kulit kenyal dengan perlindungan antioksidan," tukasnya.

6 Manfaat Asam Linoleat untuk kulit

Perlu diingat sekali lagi, asam linoleat banyak ditemukan di lemak nabati. 

1. Memperkuat skin barrier

Penghalang kulit atau skin barrier yang berfungsi dengan baik adalah landasan kulit yang sehat, dan asam linoleat adalah aset terbesar untuk membantu menjaga kulit Anda tetap kuat. Berkat fakta tersebut, maka asam linoleat membantu mendukung dan memperbaiki penghalang kulit, meningkatkan kelembapan kulit, dan meningkatkan elastisitas serta kelembutan, menurut Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York.

"Karena memperkuat membran sel, asam linoleat adalah pelindung utama penghalang kulit," tambah Dr. Linder. Asam linoleat juga membantu mempertahankan kulit Anda dari agresor lingkungan, seperti polusi dan kerusakan akibat sinar UV, dan mencegah iritasi.

2. Membantu dalam hidrasi

"Ketika Anda melindungi skin barrier, Anda membantu menjaga kelembapan dan mencegah kekeringan kulit," kata Dr. Linder. Oleh karena itu, asam linoleat topikal dapat membantu untuk hidrasi.

"Asam linoleat menghidrasi karena membantu mengurangi kehilangan air transepidermal, yang merupakan pelepasan air dari kulit kita," kata Dr. Loretta Ciraldo, MD FAAD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Dr. Loretta Skincare. Dengan kata lain, skin barrier yang kuat membantu mengunci kelembapan di bawah permukaan kulit sehingga tidak mengering.

3. Mencerahkan kulit

Asam linoleat membantu merangsang pergantian sel, yang membawa sel-sel baru yang sehat ke permukaan kulit Anda untuk menggantikan yang mati dan kusam. Melalui proses ini, meningkatkan luminositas kulit dan melembutkan tekstur serta membuat kulit tampak lebih halus.

4. Kontrol Jerawat

Kulit berjerawat biasanya dikaitkan dengan kadar asam linoleat yang rendah, dan menambahkan bahan tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda secara topikal dapat membantu membersihkannya. “Karena asam lemak ini adalah agen anti-inflamasi, baik untuk mengurangi jerawat,” kata Dr Linder.

Asam lemak ini menjaga sebum tetap lembut dan mencegah pengerasan sebum sehingga komedo—atau pori-pori yang tersumbat—tidak mudah terbentuk. Mekanisme pelembut sebum ini dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

5. Mengurangi iritasi

Apa yang hebat tentang asam linoleat adalah ia bekerja dengan baik dengan bahan-bahan lain, dan dapat digunakan bersama dengan bahan aktif yang lebih intens untuk membantu menjaga kulit Anda tetap tenang. "Saya menyarankan Anda untuk memasukkannya ke dalam rejimen perawatan kulit Anda karena membantu mengurangi kekeringan dan iritasi yang dapat kita alami dari bahan-bahan yang lebih agresif, seperti retinoid, AHA, dan asam glikolat," kata Dr. Ciraldo.

6. Bikin rambut lebih sehat

Menurut Dr. King, helaian rambut Anda juga membutuhkan asam linoleat. “Penelitian telah menemukan bahwa memasukkan asam oleat dan linoleat dalam produk perawatan rambut membantu kulit kepala menyerap bahan-bahan lain lebih cepat dan lebih efisien,” katanya.

Studi lain menemukan bahwa asam linoleat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan cara kerja folikel rambut dan memperpanjang siklus hidup mereka, sehingga rambut tumbuh lebih banyak.

WIBI PUTRI R. | WELL AND GOOD