Kreasi Resep Cookpad Tumis Jamur Tanpa Minyak, Cocok untuk Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melejitnya harga jual minyak goreng kemasan membuat banyak orang resah, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha makanan atau gorengan. Minyak goreng tentu saja menjadi salah satu bahan baku penting.

Namun, bagi Anda yang tak membutuhkan banyak minyak goreng bisa berkreasi jenis masakan, lho. Selain itu masakan tanpa minyak juga cocok untuk diet. Simak dua kreasi resep tumis tanpa minyak dari Cookpad yang diolah oleh Dapur Kenda berikut ini.

1. Jamur Tiram Teriyaki

Bahan-bahan:
250 gram jamur tiram
Air secukuon
Garam, kaldu jamur, dan lada secukupnya
2 sdm kecap manis
4 sdm saus teriyaki lada hitam (Kikkoman)

Bahan bumbu iris:
1 buah cabe hijau besar
3 buah cabe merah keriting
1/2 buah bawang bombay
3 siung bawang putih

Cara membuat:

1. Iris bahan bumbu iris.
2. Cuci bersih jamur, buang ujungnya & suwir-suwir.
3. Siapkan teflon
4. Masukkan air, bawang putih & duo cabe, masak sampai mendidih. 5. jamur tiram, saus teriyaki dan kecap manis, aduk merata.
6. Masukkan bumbu, aduk merata, masak sampai matang meresap. 7. Kemudian masukkan bawang bombay, masak sebentar, angkat dan sajikan.
8. Selamat mencoba

2. Tumis Cumi Cabai Hijau

Bahan-bahan:
500 gr Cumi Basah
1 buah jeruk nipis, untuk marinasi
1 sdt garam, untuk marinasi
Garam, kaldu bubuk & gula secukupmya

Bahan bumbu iris:
5 buah tomat hijau
10 buah cabe hijau besar
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih

Cara membuat:

1. Cuci bersih cumi-cumi, potong-potong, lalu beri jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit
2. Kemudian iris bumbu, lalu sisihkan.
3, Siapkan teflon, panaskan. Masukkan air dan bumbu iris (kecuali tomat), masak sebentar sampai mendidih.
4. Lalu masukkan cumi, garam, kaldu bubuk, gula dan tomat ijo, aduk rata masak sampai matang (Sebentar saja, nanti cumi alot kalau lama-lama). Siap disajikan.

Cookpad adalah layanan berbagi resep, tips, dan inspirasi masak harian dan tempat berkumpulnya para pecinta kegiatan memasak dari seluruh dunia yang hadir untuk saling memberdayakan dan menjadikan kegiatan memasak sehari-hari lebih menyenangkan. Cookpad beroperasi di 77 negara dalam 33 bahasa.

Di Indonesia, Cookpad saat ini merupakan platform berbagi resep terbesar dan populer di antara penggemar aktivitas memasak yang telah memiliki koleksi resep lebih dari 2.5 juta yang dibagikan oleh para pengguna. Setiap bulannya, Cookpad digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna aktif dan biasanya, angka ini akan bertambah 3x lipat selama bulan Ramadan. Cookpad terus berupaya mengembangkan platformnya, guna memudahkan para pengguna untuk menyelesaikan masalah di dapur, khususnya terkait aktivitas memasak sehari-hari.

Kini, setelah 10 tahun konsisten hadir di Indonesia untuk mendukung kegiatan memasak sehari-hari keluarga, Cookpad Indonesia semakin mendekatkan diri dengan para pengguna aplikasinya dengan mengembangkan fitur layanan Premium yang mencakup fasilitas berbelanja daring Voucher Belanja di dalamnya, dengan harga yang lebih terjangkau.

Dari berlangganan Premium senilai Rp 3.000/bulan, pengguna akan mendapat akses menuju resep teruji, kebebasan untuk menyimpan resep sebanyak-banyaknya, menyortir resep menggunakan fitur resep dan yang terbaru adalah akses ke mitra Cookpad yang memberikan penawaran eksklusif untuk berbelanja segala kebutuhan dapur, alat masak dan kelas memasak yang akan membuat kegiatan memasak sehari-hari jadi lebih menyenangkan, terjangkau dan nyaman.

“Kini dengan berlangganan Premium, pengguna akan menjadi bagian dari 2 juta pelanggan Cookpad Premium di seluruh dunia, sekaligus akan menjadi yang pertama untuk menikmati fitur premium terbaru, Voucher Belanja,” jelas Soegianto, CEO Cookpad Indonesia melalui virtual zoom, Rabu, 23 Maret 2022.

“Kami sangat bangga dapat mewujudkan inovasi ini, bersama para mitra terbaik yang memiliki misi sejalan dengan Cookpad, yakni membuat memasak menjadi menyenangkan,” sambungnya.

Ada delapam mitra yang bergabung pada peluncuran Voucher Belanja ini, yaitu: HappyFresh, Segari, Sayurbox, Bliblimart, Oxone, Kumala, Natural Cooking Club (NCC) dan ABC Cooking Studio yang memberikan penawaran super spesial bagi pengguna Cookpad Premium sehingga mereka bisa menikmati potongan harga terbaik.

Baca: Bikin Ngiler, Intip Resep Cah Jamur Bayam

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."