Ketahui Praktik, Efek Samping, dan Manfaat Ratus Vagina

Ilustrasi vagina. Shutterstock

kesehatan

Ketahui Praktik, Efek Samping, dan Manfaat Ratus Vagina

Rabu, 23 Maret 2022 19:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Belakangan ini praktik ratus vagina banyak dipilih sebagai salah satu merawat organ intim. Ratus vagina adalah jenis perawatan tradisional yang dilakukan dengan mengasapi vagina menggunakan uap yang dihasilkan dari rebusan rempah-rempah. Perawatan ini dipercaya bisa membuat vagina lebih bersih dan bebas masalah organ intim seperti keputihan.

Namun, sebelum Anda melakukan, ketahui dulu risiko dan manfaat ratus vagina yang perlu dicermati.

Bagaimana cara kerja ratus vagina?

Ratus vagina akan mengekspos vagina ke uap. Caranya bisa dilakukan saat duduk di atas panci berisi air yang sudah mengandung racikan herbal tambahan. Herbal yang mungkin bisa termasuk kemangi, mugwort, rosemary, dan wormwood.

Orang yang mempraktekkan ratus vagina percaya bahwa herbal dapat menembus jaringan vagina dan menawarkan berbagai manfaat. Beberapa orang mencoba melakukan ratus vagina di rumah, tetapi juga tersedia di spa. Perawatan biasanya berlangsung antara 20 dan 45 menit.

Manfaat untuk kesehatan

Beberapa orang percaya bahwa ratus vagina menawarkan banyak manfaat kesehatan dan menyebut praktik ini sebagai "wajah" untuk vagina.

1. Meredakan gejala menstruasi, seperti kembung, kram, kelelahan, dan pendarahan hebat

2. Meningkatkan kesuburan

3. Mempromosikan penyembuhan setelah melahirkan

4. Mengurangi stres

5. Mengobati wasir

6. Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan

7. mengobati sakit kepala

Saat ini, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat yang diklaim ini. Namun, beberapa orang mengatakan itu bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan vagina, yang dapat meningkatkan penyembuhan.

Apa saja efek samping ratus vagina?

Masalah keamanan utama adalah bahwa uap dapat membakar jaringan vagina yang sensitif jika terlalu panas. Menambahkan panas ekstra lembab ke vagina dan mengekspos vagina ke aditif tertentu di dalam uap juga dapat meningkatkan risiko wanita untuk infeksi jamur atau bakteri.

Jika peralatan ratus vagina tidak dijaga kebersihannya, seseorang juga bisa berisiko terkena infeksi dan efek samping lainnya. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan semua peralatan secara menyeluruh sebelum menggunakannya.

Jika seseorang pergi ke spa, mereka harus bertanya kepada staf spa bagaimana mereka membersihkan peralatan mereka dan langkah apa yang mereka ambil untuk mengurangi risiko infeksi.

Ratus vagina bisa berbahaya jika seorang perempuan hamil. Ini karena uap vagina bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Dokter umumnya menyarankan agar wanita hamil menghindari penggunaan bak air panas, sauna, dan bantalan pemanas di sekitar panggul karena alasan yang sama.

Baca:Kenali Sebab dan Gejala Atrofi Vagina

MEDICAL NEWS TODAY