Curhat Asmirandah Keguguran Anak Kedua: Hanya Diam dan Menangis saat Itu

(paling kanan) Asmirandah bersama suami, Jonas Rivanno, dan putri mereka, Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Foto: Instagram/@asmirandah89

ragam

Curhat Asmirandah Keguguran Anak Kedua: Hanya Diam dan Menangis saat Itu

Senin, 21 Maret 2022 21:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari pasangan selebriti Asmirandah dan Jonas Rivanno. Tepat di hari ulang tahun Jonas ke-35 pada 20 Maret 2022, keduanya membagikan janin anak keduanya yang tak berkembang

"Hancur rasanya ketika usg ,jantung anak kami dalam kandungan istriku sudah tidak berdetak..kami dihadapi kenyataan...anak kami dalam kandungan istriku tidak berkembang sejak kehamilan 9 minggu, dan setelah dicek lagi ternyata ada sedikit kelainan dalam janin nya," tulis Jonas di Instagramnya kemarin.

Sebelum keguguran, Asmirandah sekeluarga positif Covid-19. Usia kehamilannya tujuh minggu saat terinfeksi virus corona baru itu. Setelah sembuh minggu lalu, ia langsung memeriksakan kondisi kehamilannya dan mengetahui kabar memilukan itu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, lanjut Jonas, jika janin ini berkembang, ada kemungkinan anak mereka mengidap down syndrome atau kelainan lainnya.

Jonas tak menutupi ada rasa sedih kehilangan anak keduanya, tapi ia tak kecewa. Ia yakin Tuhan akan kembali memberikan anugerah kepada mereka, tapi belum saat ini.

Sementara Andah, sapaan akrab pesinetron berusia 32 tahun itu, baru berbagi curahan hatinya pada malam ini. Andah mengawali kisah dengan mengungkapkan perasaannya tidak baik-baik saja saat keguguran.

"17 Maret 2022, perasaanku sebagai seorang ibu tidak baik baik saja.. karena hal yang membahagiakan harus berubah menjadi rasa sedih yang akupun gak sanggup menggambarkan bagaimana perasaan sesungguhnya," tulisnya di Instagram, Senin, 21 Maret 2022.

"diam dan menangis mungkin hanya ini yang saat itu bisa kulakukan," lanjutnya.

Ia mengaku berusaha tegar, menerima hingga merelakan, meski bukan hal yang mudah dijalani. "berat.. iya.. tapi ditengah itu, aku bersyukur memiliki malaikat kecil yang berada disampingku.. Chloe.." tuturnya.

Meski Chloe belum mengerti apa yang terjadi, kehadirannya di samping Andah menjadi sumber kekuatan dan semangat. Andah dirawat selama satu hari di rumah sakit untuk pemulihan dari pendarahannya yang cukup banyak.

"Chloe yang gak berhenti mencium aku tanpa diminta, tanganku yg ada infus dia belai dengan lembut sambil bilang “Mamaa”," imbuhnya.

"Dan kadang dia ambil sepatuku dan menaruh sepatu diatas kasur, (ini berkali kali Chloe lakukan) seakan mau bilang “Maaa ayo cepat pulih, jalan lagi sama Chloe”," kenangnya.

Andah mengaku saat ini sudah baik-baik saja berkat dukungan support system. Tak hanya Chloe, tapi juga suami, keluarga, dan para sahabat yang selalu menguatkannya.

"Aku gak patah semangat, aku gak putus asa, dan aku gak menyalahkan diriku, aku yakin Tuhan sudah mengatur rencana yang baik.. Tuhan tau kesanggupanku, Tuhan tau kemampuanku, dan juga ada perasaan lega saat ini," imbuhnya.

Andah juga menguntai pesan cinta untuk calon anak keduanya yang disapa dengan adek. "Dan untuk adek sayang.. terimakasih sudah sempat hadir dalam rahim Mama, kita sempat melewati banyak hal bersama, kelihatannya singkat ya hanya 3 bulan tapi Mama sudah mencintaimu dari awal sampai selamanya," ungkapnya.

"dan kamu harus tau Tuhan sayang banget sama kamu.. kamu masih harus main dulu di surga bareng sama Tuhan yaa.. nanti pasti Mama Papa dan Kakak Chloe akan ketemu kamu lagi," tambahnya.

Andah pun mengakhiri pesan cintanya dengan salam perpisahan dan berterima kasih sempat hadir membawa sukacita dalam hidup mereka bertiga.

Sebelum alami keguguran, Andah sekeluarga positif Covid-19. Saat itu, usia kandungannya 7 minggu.

Sebagai informasi, Asmirandah dan Jonas Rivanno menikah pada 22 Desember 2013 di Singapura. Keduanya baru dikaruniai Chloe pada 25 Desember 2020 setelah menjalani program bayi tabung. 

Baca juga: 8 Tahun Menikah, Asmirandah ke Suami: Terima Kasih Mengajarkan Aku Banyak Hal