Agar Tidak Tertukar, Yuk Pahami Lagi Beda Gejala Covid-19 dan Flu

Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

kesehatan

Agar Tidak Tertukar, Yuk Pahami Lagi Beda Gejala Covid-19 dan Flu

Rabu, 16 Maret 2022 22:55 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaGejala Covid-19 yang hampir sama dengan pilek dan flu membuat beberapa stereotip jika Anda terkena flu atau pilek akan dicap sebagai orang terkena virus Corona padahal penyakit tersebut berbeda. Berikut perbedaan gejala Covid-19, flu, pilek, dan alergi.

Jika Anda mengalami penyakit flu atau pilek selama pandemi, Anda bisa dijauhkan dan dianggap sedang mengalami infeksi Covid-19. Padahal belum tentu Anda terpapat virus Corona tersebut. Anggapan tersebut datang karena beberapa gejala virus Covid-19 terdapat flu dan pilek, namun tetap saja terdapat perbedaan diantara ketiga hal tersebut.

Dilansir dari laman Cnet, Selasa, 15 Maret 2022 berikut perbedaan dari Covid-19, flu, pilek, dan alergi. Meskipun Covid-19, influenza, dan pilek semuanya disebabkan oleh virus yang berbeda, banyak gejalanya yang tumpang tindih. Hal ini juga memungkinkan untuk terinfeksi dengan lebih dari satu virus pada suatu waktu.

Meskipun hilangnya indra penciuman dan perasa adalah gejala unik Covid-19 di awal pandemi, hal ini kurang umum terjadi pada varian omicron yang dominan saat ini. Satu-satunya cara untuk mendiagnosis penyakit Anda dengan pasti adalah dengan menguji gejala flu dan Covid-19.

Gejala Flu dan Covid-19

Banyak penyakit pernapasan dimulai dengan gejala yang sama. Mungkin tidak mudah untuk segera mengetahui apakah Anda sakit flu atau Covid-19, tetapi berikut adalah beberapa gejala yang sama-sama dimiliki oleh keduanya.

1. Batuk Demam 2. Kesulitan bernapas atau sesak napas 3. Sakit tenggorokan 4. Hidung meler atau tersumbat 5. Sakit kepala 6. Pegal-pegal

Perbedaan Flu dan Covid-19

Dua perbedaan paling mencolok antara Covid-19 dan flu adalah waktu yang dibutuhkan untuk gejala muncul, dan hilangnya rasa dan bau. Biasanya diperlukan waktu lebih lama untuk gejala Covid-19 muncul setelah terpapar dua hingga 14 hari untuk COVID-19 versus satu hingga empat hari untuk flu. Apakah Bisa Terkena Flu dan Covid-19 Bersamaan? Anda pasti bisa tertular flu dan Covid-19 secara bersamaan.

Dr. Hamer mencatat bahwa seseorang dengan virus Corona mungkin sangat kesulitan dengan gejala flu tambahan. "Telah dilaporkan, tetapi ternyata kami tidak memiliki banyak pengalaman dengan koinfeksi karena tahun lalu ketika kami mengalami lonjakan Covid-19 yang sangat besar, itu adalah musim flu paling ringan yang pernah tercatat," kata Dr. Daniel Solomon, seorang dokter penyakit menular di Brigham and Women's Hospital.

Bagaimana Tau Jika itu Flu dan Bukan Covid-19?

Gejala flu biasa juga mirip dengan Covid-19 dan flu. Seperti Covid-19, Anda mungkin merasakan gejala seperti batuk, sakit tenggorokan, dan pilek. Tapi pilek biasa biasanya juga disertai dengan bersin, mata berair dan post-nasal drip. Namun, mungkin lebih sulit bagi dokter untuk segera mendiagnosis jika Anda memiliki gejala lain selain gejala flu biasa. Biasanya, pilek biasa sembuh dengan sendirinya dan tidak menyebabkan komplikasi kesehatan lebih lanjut dan seringkali dapat diobati dengan obat yang dijual bebas.

Berikut daftar gejala Covid-19 yang berbeda dengan flu biasa:

Kehilangan rasa atau bau Kesulitan bernapas atau sesak napas Demam Pegal-pegal Sakit dada Sulit bernafas Mual atau diare

Baca: Sudah Vaksin Lengkap, Berikut 7 Gejala Covid-19 yang Masih Bisa Anda Rasakan