5 Manfaat Latihan Fisik Secara Teratur, Bonus Turunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Latihan kegel tak hanya bisa dilakukan dengan berbaring. Kuncinya adalah dengan menemukan otot dasar panggul, dan kamu bisa melakukan latihan ini kapan pun dan di mana pun. (Canva)

Latihan kegel tak hanya bisa dilakukan dengan berbaring. Kuncinya adalah dengan menemukan otot dasar panggul, dan kamu bisa melakukan latihan ini kapan pun dan di mana pun. (Canva)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Latihan fisik secara teratur rupanya memiliki manfaat yang bagus, baik untuk fisik maupun psikis. Latihan fisik dapat dikatakan sebagai suatu bentuk aktivitas yang terstruktur dengan melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang guna meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani.

Terdapat banyak jenis latihan fisik seperti halnya latihan anaerobik, penguatan otot, kepadatan tulang, keseimbangan, dan kelenturan. Melakukan latihan-latihan tersebut secara teratur dan berulang dapat membantu menjaga kesehatan dan turunkan berat badan.

Untuk itu, simak beberapa manfaat latihan fisik secara teratur di bawah ini.

1. Dapat mengontrol berat badan

Melakukan latihan fisik secara teratur dapat membantu Anda mengontrol berat badan, baik mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Sebab saat melakukan aktivitas tersebut, kalori yang ada pada tubuh terbakar. Jadi, semakin intens melakukan latihan fisik maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

2. Lebih merasa bahagia

Latihan fisik dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi perasaan negatif seperti depresi, kecemasan, dan stres. Sebab menghasilkan perubahan bagian pada otak yang mengatur stres dan kecemasan. Hal ini juga dapat meningkatkan kepekaan otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin yang dapat meredakan perasaan depresi. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi endorfin yang membantu menghasilkan perasaan positif.

3. Baik untuk otot dan tulang

Melakukan latihan fisik secara teratur memainkan peran penting dalam membangun dan memelihara otot dan tulang yang kuat. Sebab membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino. Ini membantu mereka tumbuh dan mengurangi kerusakan pada otot dan tulang. Selain itu membantu membangun kepadatan tulang saat masih muda serta mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur dapat menjadi penyebab utama penyakit kronis. Untuk itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Sebab dapat meningkatkan sensitivitas insulin, kesehatan jantung, dan komposisi tubuh. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Membantu kesehatan otak dan daya ingat

Dengan melakukan latihan fisik secara teratur maka dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi memori serta kemampuan berpikir. Saat melakukan latihan fisik, itu akan meningkatkan detak jantung. Ini membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak yang dapat merangsang produksi hormon untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, latihan fisik juga dapat mengurangi perubahan di otak yang dapat berkontribusi mengurangi kondisi seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Baca: Hari Obesitas Sedunia, Ini 5 Tips Mudah agar Berat Badan Ideal

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."