Dari Maia Estianty Hingga Melaney Ricardo bagi Tips Turunkan Berat Badan

Maia Estianty mengunggah foto dirinya. Foto: Instagram Maia Estianty.

kesehatan

Dari Maia Estianty Hingga Melaney Ricardo bagi Tips Turunkan Berat Badan

Senin, 14 Maret 2022 08:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak tips turunkan berat badan yang dilakukan orang, salah satunya adalah diet. Program diet biasanya menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Dari kalangan artis juga tak jarang melakukan diet baik untuk faktor kesehatan atau menunjang penampilan yang sesuai dengan keinginan mereka secara pribadi.

Seperti halnya Maia Estianty, dia membagikan potret kebahagiaannya dengan mengungkapkan bahwa berat badannya kini telah stabil setelah turun kurang lebih 6 kilogram. "Seneng banget akhirnya berat badan udah stabil turun 6 kilo… Perjuangan 2.5 bulan…. Olahraga and diet, walaupun di bulan ke dua lebih, diet dah mulai kendor, tapi ya udah lah, udah mencapai goalnya. Gak mau terlalu kurus, tapi gak mau gemuk juga," tulisnya melalui Instagram.

Selain Maia, ada juga Melaney Ricardo yang ikut melakukan diet. Dia menggunakan metode diet intermittent fasting yang dibantu dokter gizi untuk menurunkan berat badan. Karena ketekunanya dalam diet dan berolahraga, akhirnya berat badannya bisa turun hingga 5 kilogram. Ada pula Cynthia Lamushu diet program bersama dengan dokter Cissie Nugraha hingga akhirnya mampu menurunkan berat badan sampai 20 kilogram.

"Banyak hal yang melatarbelakangi saya akhirnya bisa membuat satu tekad kuat untuk melakukan perubahan baik ini. Banyak faktor yang membuat saya bisa sukses hempaskan 20 kg investasi lemak di tubuh saya, selain Disiplin dan Konsistensi. Ada dr. @cissienugraha dokter kesayangan yang memberikan pencerahan, menarik saya dari 'Masa tersesat'. Terimakasih dokter sayang," tulisnya pada 31 Januari 2022.

Pada saat ini diet memang banyak diminati, dan sudah ada banyak cara sekaligus metode untuk bisa menjalankan diet secara sehat. Dilansir dari US News ada beragam jenis diet yang bisa dijalankan. Ada Diet Mediterania yang lebih menekankan untuk mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan makanan sehat lainnya. Selain itu ada juga Diet Fleksitarian yang menekankan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein nabati. Dan berbagai metode diet sehat lainnya yang bisa diikuti.

Sementara menurut World Health Organizations (WHO), tips diet sehat yang dijalani oleh orang dewasa setidaknya meliputih hal-hal seperti mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Setidaknya 400 gram (yaitu lima porsi) buah dan sayuran per hari, tidak termasuk kentang, ubi jalar, singkong, dan lainnya.

Lalu, hanya mengonsumsi sebesar kurang dari dari 10 persen total asupan energi dari gula bebas yang setara dengan 50 gram (atau sekitar 12 sendok teh tingkat) untuk seseorang dengan berat badan sehat yang mengonsumsi sekitar 2000 kalori per hari.

Baca: Maia Estianty Tunjukkan Kamar Masa Kecil di Surabaya: Ukuran 3x3 buat Bertiga

DIAH RETNO ANDANI | HEALTH USNEWS