Punya Gejala Anemia? 5 Sayuran Ini Bantu Menambah Darah

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

kesehatan

Punya Gejala Anemia? 5 Sayuran Ini Bantu Menambah Darah

Jumat, 25 Februari 2022 07:10 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sering merasa lemas, cepat lelah, pusing, hingga napas pendek? Bisa jadi Anda mengalami anemia atau kurang darah. Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak melulu dengan mengonsumsi obat-obatan, kurang darah ini bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi sayuran, terutamanya yang mengandung zat besi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar sayuran sekaligus makanan penambah darah yang mudah didapatkan:

1. Bayam

Dikutip dari Healthline, bayam mengandung nitrat yang tinggi. Kandungan nitrat tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir ke dalam tubuh lebih mudah. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang disebut karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker, peradangan, dan menyehatkan mata.

2. Wortel

Dilansir dari Wellcurve, mengonsumsi wortel secara teratur bisa membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh secara alami. Selain dijadikan campuran dalam sup, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara dijus.

3. Tomat

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

Disebutkan dalam Medicalnewstoday, tomat mengandung vitamin C dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah dan membantu sirkulasi darah.

4. Daun kelor

Dilansir dari Metropolisindia, daun kelor kaya akan mineral, seperti seng, besi, tembaga, magnesium, vitamin A, B dan C. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh pun bisa meningkat.

5. Kale

Selain serat, kale mengandung zat besi, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K. Ia juga kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association (AHA) menyebut, meningkatkan asupan kalium sekaligus mengumengurangi konsumsi garam, bisa mengurangi risiko hipertensi dan penyakit.

Baca: Demi Tubuh Ideal, Banyak Remaja Putri Malah Alami Anemia