Kesegaran Puding Kelapa Muda Bertabur Topping Aneka Buah

Puding kelapa dengan topping aneka buah/Foto: Doc. Pribadi

kuliner

Kesegaran Puding Kelapa Muda Bertabur Topping Aneka Buah

Minggu, 13 Februari 2022 12:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta  - Pastinya Anda sudah sering menikmati kesegaran kelapa muda, tetapi apakah Anda pernah mencicipi puding kelapa muda dengan topping buah-buahan segar. Sepertinya segar ya kalau dinikmati siang hari.

Salah satu UMKM yang bergiat di bidang kuliner Puding Kelapa, Fitri Rukmana yang berdomisili di Tangerang menyajikan buah kelapa dengan lebih istimewa. Selain di dalam buah kelapanya berisi puding, toppingnya juga berisi potongan buah segar, nata de coco, dan biji selasih.

Alasan mengapa Fitri tertarik menjual puding kelapa ialah awalnya ia melihat banyak bahan baku kelapa muda yang busuk karena tidak habis dijual untuk es kelapa muda. Lantas terpikir untuk membuat beda sajian kelapa mudanya agar lebih menarik dan punya nilai lebih.

"Pada awalnya saya punya usaha es kelapa muda, tetapi penjualan kurang maksimal di musim hujan dan saat pandemi. Akhirnya coba-coba bikin, langkahnya mudah, dan peminatnya juga banyak," ucap Fitri saat dihubungi melalui pesan instan beberapa waktu lalu.

Puding Kelapa/Doc. Pribadi

Sebagai informasi, buah kelapa muda sendiri 94 persen terdiri dari air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak. Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Vitamin B6 memiliki banyak manfaat bagi sistem imun. Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B.

Vitamin B sendiri memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh sehingga reaksi kimia pada tubuh banyak didukung oleh vitamin B. Selain itu, Juwalita mengatakan air kelapa juga memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Dalam proses pembuatannya, Fitri menjelaskan bahwa puding terbuat dari air kelapa muda yang dicampur dengan agar-agar dan jelly lalu ditamabah gula asli tanpa pemanis buatan. Setelah mengeras lalu ditambahkan potongan buah segar di atasnya seperti anggur, kiwi, stroberi, pir, mangga dan lainnya. "Puding kelapa sendiri tahan 12 jam di lemari pendingin atau frezeer karena tanpa bahan pengawet." tambahnya.

Selama ini diakui Fitri masih menawarkan puding kelapa melalui media sosial dan membuka reseller yang tertarik. "Peminatnya banyak ya karena untuk memenuhi kebutuhan kesehatan karena kaya vitamin dan nutrisi , baik juga untuk ibu hamil karena berserat tinggi," ucap perempuan 29 tahun ini.

Baca:Kelapa Muda Banyak Diburu Saat Pandemi, Ini Manfaat Baiknya