Ingin Industri Perfilman Bebas dari Kekerasan Seksual, Cinta Laura Ajak Bersuara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Gaya Cinta Laura berbatik saat menjadi bintang tamu acara Inspirasi Talk/Foto: Instagram/Cinta Laura

Gaya Cinta Laura berbatik saat menjadi bintang tamu acara Inspirasi Talk/Foto: Instagram/Cinta Laura

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris Cinta Laura Kiehl mengajak masyarakat untuk bersuara dan memberikan dukungannya dalam melawan kekerasan seksual khususnya di tempat kerja. Cinta Laura membagikan 6 slide foto bertuliskan soal pentingnya masyarakat untuk tidak diam dalam melawan kasus yang kebanyakan korbannya adalah perempuan ini. "Diam tak selamanya emas," tulis judul itu seperti yang diunggah Cinta Laura pada 6 Februari 2022.

Cinta Laura mengatakan judul itu merupakan undangan terbuka kepada seluruh anggota ekosistem perfilman Indonesia agar bersama berkomitmen dan mengedukasi diri untuk membangun ruang aman dari kekerasan seksual. Ia mengatakan kekerasan seksual masih sering terjadi di industri yang dia geluti. "Tanpa kejelasan aturan, semua orang bisa menjadi pelaku atau korban," katanya.

Selama ini juga banyak korban yang bungkam. Salah satu faktor banyak korban yang membisu adalah karena tidk adanya sistem penanganan kasus yang baik, serisu dan berpihak ke korban. "Maka 'pekerjaan rumah' untuk kita adalah merumuskan dan memegang teguh etika berkarya dengan membuat teguh etika berkarya dengan membuat dan menyepakati standar kerja untuk pencegahan kejadian dan mempermudah proses aduan korban," kata Cinta Laura.

Gadis yang sangat aktif mengkampanyekan perlindungan untuk para perempuan ini mengatakan sebenarnya sudah ada langkah nyata yang sedang dan akan dilakukan. Pertama, menyusun dan mendorong surat pernyataan bersama yang akan ditandatangani seluruh institusi di bawah Badan Perfilman Indonesia (BPI). Ada pula langkah untuk membuat pelatihan Anti Kekerasan Seksual untuk anggota ekosistem perfilman. Lalu ia pun mendorong dibuatnya kode dan dewan etik serta membuat mekanisme pengaduan baik di tingkat asosiasi profesi maupun di skala BPI. "Semua hal itu dilakukan dengan melibatkan institusi yang memahami kasus kekerasan seksual baik secara hukum, psikologi dan aspek lain yang menguatkan," tulis Cinta Laura.

Sebagai komitmen awal, salah satu cara untuk menciptakan ruang kerja yang aman dari kekerasan seksual adalah dengan membuat kebijakan atau standard Operation Procedure penanganan kekerasan seksual di tempat kerja yang berpihak pada korban. "SOP yang dibuat ditujukan untuk mengedukasi, mencegah, melindungi dan menindak tegas laporan yang masuk," katanya.

Ada pula usaha untuk membuat jalur pengaduan (baik hotline, tatap muka, dan digital) di dalam SOP kerja internal. Hal ini merupakan bukti keseriusan para pemimpin di ekosistem perfilman untuk mencegah kejadian dan melindungi korban. Bagi para korban kekerasan seksual yang membutuhkan pendampingan, Cinta Laura menganjurkan untuk mencari di carilayanan.com. "Perubahan adalah sekarang. Waktunya berperan aktif, jernih dan tegas. Tunjukkan dukunganmu," kata Cinta Laura dalam keterangan foto.

Baca: Bergaya Vintage, Ini Gaya Marilyn Monroe Ala Cinta Laura

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."