Perdana Makan Ikan Lidah, Ussy Sulistiawaty: Dagingnya Perpaduan Patin dan Bawal

Ussy Sulistiawaty menyiapkan sejumlah bumbu sebelum menggoreng ikan lidah. Foto: tangkapan layar Youtube/ Ussy Andhika Official

kuliner

Perdana Makan Ikan Lidah, Ussy Sulistiawaty: Dagingnya Perpaduan Patin dan Bawal

Sabtu, 5 Februari 2022 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris yang kini menjadi kreator konten dan pengusaha, Ussy Sulistiawaty kerap membagikan pengalamannya mencicipi aneka kuliner yang dibelinya atau dimasak sendiri olehnya. Baru-baru ini, ia mengisahkan untuk kali pertama mengetahui ikan lidah. Ia mengetahui ikan berbentuk pipih di keluarga Cynoglossidae itu dari salah satu penjual di Pasar Modern BSD City. 

"Beberapa hari yang lalu, mungkin udah tayang ya, vlog ke pasar, aku beli ikan lidah. Di umurku yang sudah 41 tahun, berarti tahun ini. Aku baru ngeliat namanya ikan lidah," ujarnya dalam vlog yang diunggah ke kanal Ussy Andhika Official, Selasa, 1 Februari 2022.

"Aku gak tahu rasanya kayak apa. Cuma kata orangnya (penjual ikan), ini tuh enak banget kalo digoreng garing," tambahnya.

Jadi, ia memutuskan mengolahnya seperti rekomendasi sang penjual. Sebelum digoreng, ikan tersebut diberi garam, jeruk nipis, dan penyedap non-msg lalu didiamkan sejenak. Ia kemudian membuat sambal dadak. Tampak ia mengambil beberapa cabai merah, garam, bawang putih, dan penyedap rasa lalu menguleknya.

Setelah itu, ia baru menggoreng bagian perut dan kepala ikan lidah. Usai digoreng garing, ikan tersebut diletakkan di atas cobek lalu digeprek dan dicampur dengan nasi merah dan sambal.

Begitu menggigit potongan daging ikan lidah untuk kali pertamanya, Ussy langsung memuji kelembutannya. "Wah, wah, dagingnya enak banget. Mirip daging ikan apa, ya," ujarnya sambil mengingat-ingat.

Ussy Sulistiawaty makan ikan lidah. Foto: tangkapan layar Youtube/Ussy Andhika Official

"Pantesan kata orangnya kemarin, ini ikan langka. Wah enak banget," tuturnya sambil mengambil potongan daging ikan selanjutnya.

Ia kemudian mengatakan akan membeli ikan lidah lagi saat belanja ke kios ikan tersebut. "Wah, ini bisa beli terus nih. Duh norak banget, mungkin diketawain sama orang-orang yang udah makan ikan ini," imbuh ibu lima anak itu.

Menurut Ussy, duri ikan lidah terbilang banyak, tapi tak sebanyak ikan bandeng. "Enak beneran, enak asli," pujian tersebut yang berulang kali keluar dari mulut Ussy.

Selain mengungkapkan kelezatannya, Ussy menjabarkan bentuknya yang pipih alias gepeng. "Dia palanya aja gepeng gitu lho, semuanya serba gepeng. Kata nci-nya, ini ikan jarang. Gak bisa kita temuin di pasaran gitu aja," tutur istri Andhika Pratama itu. "Jangankan di pasar, ya, di restoran aja, aku belum pernah lihat ikan lidah begini. Asli enak banget," sambungnya.

Setelah lama mengingat mirip seperti apa rasa daging yang termasuk kategori ikan sebelah itu, akhirnya ia menyebutkan dagingnya seperti perpaduan ikan bawal dan ikan patin.

"Rasa dagingnya tuh enak lembut. Perpaduan antara daging ikan patin sama daging  bawal. Dia tengah-tengahnya. Kalo bawal kan (dagingnya) agak keset, patin kan licin banget (dagingnya)," ungkapnya.

Di penghujung vlog-nya, Ussy mengajak warganet yang sudah lebih dulu mencicipi ikan lidah untuk membagikan resep olahan selain digoreng. Apakah teman-teman Cantika sudah sering menyantap ikan lidah atau baru mengetahuinya seperti Ussy Sulistiawaty?

Baca juga: Curhat Ussy Sulistiawaty Makan di Restoran Gordon Ramsay: Enak Banget