6 Manfaat Makan Ikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi menu ikan Salmon. REUTERS/Nancy Harmon Jenkins

Ilustrasi menu ikan Salmon. REUTERS/Nancy Harmon Jenkins

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hasil penelitian menyatakan makan ikan secara teratur bisa mengurangi risiko degenerasi makula hingga 42 persen lebih pada wanita. Studi lain menemukan bahwa makan ikan berlemak dapat menurunkan 53 persen risiko degenerasi makula neovaskular (basah).

Memang ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat makan ikan untuk tubuh. Berikut ini enam di antaranya:


  1. Baik untuk Pertumbuhan Otak


    Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Namun wanita hamil tak disarankan memakan ikan mentah, misalnya sushi.


  2. Meningkatkan Kualitas Tidur


    Penelitian terhadap 95 pria paruh baya menyebutkan makan salmon per pekan dapat memperbaiki kualitas tidur. Vitamin D dalam salmon dipercaya sebagai penyebabnya.


  3. Dapat Mengobati Depresi


    Penelitian menemukan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk melawan depresi dan meningkatkan efektivitas obat antidepresan, selain gangguan mental seperti bipolar.


  4. Membantu Mencegah Asma


    Studi menyatakan makan ikan secara teratur mengurangi risiko terserang asma hingga 24 persen pada anak-anak. Namun belum ada efek signifikan pada orang dewasa.


  5. Mengurangi Risiko Serangan Jantung


    Penelitian menemukan bahwa jenis ikan berlemak lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke karena jumlah asam lemak omega-3 yang tinggi.


  6. Melindungi Mata dan Penglihatan


    Bukti menunjukkan asam lemak ikan dan omega-3 dapat memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula—penyebab utama kerusakan penglihatan dan kebutaan.

FIRMAN ATMAKUSUMA | ISLEOFEWE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."