Hari Kanker Sedunia, Sophia Latjuba Ingat Perjuangan Ayah

Sophia Latjuba. foto/instagram

kesehatan

Hari Kanker Sedunia, Sophia Latjuba Ingat Perjuangan Ayah

Sabtu, 5 Februari 2022 14:16 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Sophia Latjuba mengingat sosok sang ayah pada Hari Kanker Sedunia. Saat itu ia harus menemani sang ayah untuk berobat ke negeri Jiran.

"4 Februari diperingati sebagai International Cancer Day. Aku ingat beberapa tahun yang lalu, ketika aku menemani Papa pengobatan kankernya di Malaysia. Bukan saat yang mudah, namun hidup tetap harus berjalan," katanya pada 4 Februari 2022 di Instagram sophia_latjuba88.

Ibu Eva Celia ini ingin mendedikasikan Hari Kanker Sedunia untuk orang orang yang berjuang melawan penyakit degeneratif ini. "We dedicate today to those who’ve lost the fight and to those who won’t quit the fight (Kami dedikasikan hari ini untuk orang-orang yang kalah dan pertempuran dan juga untuk mereka yang tidak mau menyerah memberikan perlawanan)," katanya.

Sophia Latjuba ingin mengingatkan para pengikutnya agar lebih waspada terhadap berbagai gejala kanker yang mungkin tidak disadari. "Just a kind reminder to you, untuk lebih aware terhadap gejala kanker yang mungkin kita nggak sadari," katanya.

Salah satu yang bisa dilakukan seseorang adalah dengan melakukan cek up kesehatan secara menyeluruh. Ia ingatkan bahwa penting sekali untuk melakukan pencegahan sejak dini. "Ini merupakan waktu yang tepat untuk #cegahkankersejakdini," katanya.

Bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia yang mengangkat tema "Close the Care Gap", Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi, Sp.OT berpesan bahwa kesadaran akan penyakit kanker memiliki peran yang sangat penting dalam hal penanggulangan serta dapat memberikan dampak positif bagi penyembuhan.

"Ini sebenarnya adalah sebuah kampanye multitahun yang menjanjikan lebih banyak exposure dan interaksi, lebih banyak meningkatkan kesadaran tentang masalah ini dan pada akhirnya bisa memberikan pengaruh yang positif di dalam penanggulangan dan pencegahan penyakit kanker," kata Adib.

Baca: Gaya Kompak Luna Maya dan Sophia Latjuba Kenakan Gaun Nuansa Hitam

ANTARA