5 Manfaat Kacang Polong untuk Tubuh, Menyehatkan Mata dan Jantung

kacang polong (pixabays.com)

kesehatan

5 Manfaat Kacang Polong untuk Tubuh, Menyehatkan Mata dan Jantung

Jumat, 4 Februari 2022 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang polong adalah anggota keluarga kacang-kacangan dan lentil. Kacang polong yang masih muda dan segar bisa disantap tanpa masak. Tapi untuk kacang polong yang berusia sudah tua kurang sedap dimakan mentah karena bagian luarnya menjadi berserat dan keras.

Kacang polong kering, di sisi lain, dipanen, dikupas dan kemudian dikeringkan. Maka dari itu, kacang tersebut perlu dimasak sebelum dikonsumsi, biasanya dengan rehidrasi dan didihkan dalam cairan panas.

Bicara soal nutrisi, menurut Amy Shapiro, MS, RD, CDN dan pendiri Real Nutrition, setiap setengah cangkir (atau 170 gram) kacang polong mengandung 62 kalori, 70 persennya berasal dari karbohidrat. Selain itu, kacang polong juga kaya akan sejumlah vitamin, mineral, dan makronutrien. Dengan beragam nutrisi di dalamnya, kacang polong bermanfaat bagi kesehatan Anda seperti berikut.

1. Kaya serat

Satu porsi setengah cangkir kacang hijau memberikan 4 gram serat. Menurut Shapiro, serat yang sebagian besar tidak larut dalam kacang polong akan membantu rasa kenyang, mengatur nafsu makan, dan menyehatkan pencernaan.

Sementara serat juga dapat membantu buang air besar lebih besar. Tapi untuk sebagian orang, Shapiro mencatat, efek yang berbeda, yaitu jadi sembelit. "Saat makan makanan dengan banyak serat, pastikan untuk meningkatkan asupan air untuk mencegah sembelit," imbaunya.

2. Bantu menyehatkan jantung

Telah terbukti bahwa makan makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, dan seperti yang disebutkan di atas, kacang polong kaya akan serat. Tapi bukan hanya kandungan serat yang memberi mereka manfaat kardiovaskular, kandungan mineral seperti magnesium, potasium, dan kalsium juga baik untuk jantung, kata Shapiro.

Kalium penting untuk menurunkan tekanan darah, dan kalsium dari sumber makanan (seperti kacang polong), tetapi bukan suplemen, telah terbukti mengurangi kemungkinan risiko penyakit jantung. Magnesium bertanggung jawab untuk mengangkut kalsium dan potasium ke jantung, itulah sebabnya kacang polong bantu menyehatkan jantung Anda.

3. Bantu sistem kekebalan tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah prioritas bagi banyak orang, terutama selama bulan-bulan musim dingin ketika pilek, flu, dan virus lainnya secara alami cenderung meningkat. Kabar baiknya adalah mudah untuk meningkatkan kekebalan Anda sepanjang tahun dengan menerapkan diet padat nutrisi yang penuh dengan vitamin dan mineral.

Kacang polong pada dasarnya memiliki semua yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, termasuk 13 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan, ditambah dosis vitamin E, seng, dan antioksidan yang sehat untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi.

4. Melindungi kesehatan mata

Wortel biasanya mendapatkan semua kredit untuk meningkatkan penglihatan, ternyata kacang polong juga dapat melakukan banyak hal untuk menjaga kesehatan mata Anda. Satu porsi kacang hijau mengandung 24 persen dari jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan, menurut Shapiro, yang merupakan vitamin paling terkenal dalam hal menjaga penglihatan dan mencegah degenerasi makula.

5. Bantu mengatur gula darah

"Kacang memiliki indeks glikemik (GI) yang relatif rendah, yang dapat membantu manajemen glukosa darah," jelas Shapiro. Indeks GI mengukur seberapa cepat dan tinggi gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu. Serat dan protein dalam kacang polong juga dapat membuat Anda.

Penting untuk diingat bahwa meskipun kacang polong memiliki beberapa protein dan dapat membantu rasa kenyang, kacang polong bukanlah sumber protein yang lengkap. "Untuk mendapatkan asam amino esensial yang dibutuhkan dalam makanan Anda, pasangkan kacang hijau dengan sumber protein lain," imbuh Shapiro.

Cara mengolah kacang polong

Kacang polong adalah sayuran yang sangat serbaguna, Anda bisa mengolahnya dengan cara mengukus atau menumis. Rasa lembutnya cocok dengan bumbu sederhana seperti sedikit minyak zaitun dan taburkan sedikit garam serta merica.

Untuk polong muda yang segar dan empuk, Anda bisa menyantapnya tanpa dimasak atau dicelupkan ke dalam hummus. Untuk kacang polong yang lebih tua, Shapiro merekomendasikan untuk membakar polong dan mencelupkannya ke dalam tamari dan minyak untuk hidangan pembuka atau lauk yang kreatif.

Dia juga merekomendasikan menambahkan kacang polong ke sup, semur, dan salad untuk gigitan yang bergizi dan lezat. Atau cobalah menumis kacang polong segar dengan bawang merah atau bawang bombay dan satu sendok makan minyak, masak sampai kacang polong berubah warna menjadi hijau cerah.

Untuk membuat roti panggang alpukat yang selalu populer secara kreatif, cobalah menumbuk kacang polong dengan minyak zaitun dan garam lalu mengoleskannya di atas roti kering, atau isian sandwich sebagai alternatif mayo atau mustard. 

Baca juga: Studi: Kacang Pistachio Bantu Turunkan Berat Badan dan Lindungi Mata 

REAL SIMPLE