Jamune, Ketika Jamu Naik Kelas dan Dikemas Kekinian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Produk jamune dengan kemasan take away satu liter yang dapat dikonsumsi sekeluarga/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Produk jamune dengan kemasan take away satu liter yang dapat dikonsumsi sekeluarga/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kuliner kekinian seperti kopi susu dan boba semakin menjamur, dari minuman herbal tak mau kalah mulai menujukkan eksistensinya dengan banyak varian dan packaging yang tak kalah eye cathching. Salah satunya ialah brand lokal bertajuk Jamune yang mengusung konsep bisnis jamu naik kelas dan kekinian.

Produk yang dirintis oleh PT Lumina Kaya Indonesia atau KAYA ID milik Nita Kartikasari dan Richard Sam Bera ini membawa pesan bahwa jamu adalah minuman sehat yang tak lagi dipandang sebelah mata lantaran ketinggalan zaman karena identik dengan lawas dan rasanya yang pahit. Jamu di tangan mereka telah menjelma jadi minuman yang bisa konsumen bawa sambil pelesiran di pusat perbelanjaan dan tongkrongan modern

PR dan Corporate Senior Manager KAYA ID, Diana Napitupulu mengatakan kalau Indonesia punya kekayaan jamu yang belum banyak digarap dan ada streotype kalau jamu itu pahit, lawas, jadi Founder ingin agar jamu ini bisa diterima oleh konsumen anak muda, diminum dengan enak dan tetap menyehatkan.

"Prosesnya trial and error, pengen konsumen yang anak muda bisa diminum dengan enak. Akhirnya sampai suatu proses yang disebut mocktail dengan ramuan jamu tapi bisa keliatan warna-warni pakai pewarna alami. Kami pengen nggak cuma rasa yang enak, tapi juga kemasan menarik. Kalau cuma lihat warna kuning dan coklat kan bosan ya," tambah Senior Manager Creative Marketing, Debby N. Ristiani.

Store Jamune di Ashta, SCBD/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Mengusung tagline Delicious Jamu Cocktail Jamune menawarkan sajian jamu yang bisa masuk ke pasar milenial dan membuka store di pusat perbelanjaan biasa hingga premium. Terlebih melihat tren gaya hidup sehat yang banyak dijalani selama pandemi ini memberi efek signifikan pada minuman yang menawarkan benefit kesehatan.

"Nah pas di awal-awal, kami sampai develop jamu khusus yakni Royal Clan dengan manfaat menjaga imunitas tubuh yang terdiri dari jus buah, kunyit asem, dan madu sebagai pemanis, cukup banyak peminatnya terutama pas di awal-awal pandemi," ujar Debby.

"Sejauh ini rasa ingin tahu di luar ekspektasi, mereka excited dengan pilihan menu jamu, khususnya target anak muda. Dari misal kopi kekinian bisa mulai beralih ke jamu kekinian. Malah ada banyak teman-teman mereka mengira ini seperti minuman limun, nggak nyangka kalau itu jamu," sambung Diana.

Uniknya, konsumen tidak ditawarkan signature drink, tetapi dikembalikan lagi pada kebutuhan konsumen lagi ingin jamu apa, keluhan kesehatan apa yang sedang dirasakan, agar manfaat jamu bisa langsung dicoba oleh konsumen.  "Nah, kalau yang jadi favorit jamu on the rock, tapi kalau misal pengen original/shoot kami juga ada yang pakai metode sama seperti kopi yakni V-60," Imbuh Debby.

Pilihan menu jamu yang menggunaka metode V-60 ala Jamune/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Cantika sendiri berkesempatan mencoba Sangria Allure yang manfaatnya bisa untuk minuman diet terdiri dari racikan jus buah naga, kunyit asam, madu (pemanis), rasanya asam khas kunyit dan campuran buah naga yang khas, dan manisnya dari madu. Sementara untuk produk on the go mencoba asam jawa dan kunyit manis original yang ukuran satu liter.

Harapan ke depan produk jamu sebagai UMKM bisa naik kelas dan memperluas pasar, salah satunya anak muda. "Jamu bisa diterima secara luas yang eksistensinya bisa sejajar dengan minuman kekinian lainnya," harap Diana.

Benefit Minum Jamu

Tentu saja manfaat jamu baru bisa dirasakan tidak hanya dengan sekali dua kali minum, tetapi konsisten dan diimbangi dengan olahraga, berikut manfaat kesehatan dari jenis jamu yang mereka racik antara lain:

1. Mengatasi pegal linu
2. Meluruhkan lemak tubuh dan menjaga tubuh tetap langsing (diet)
3. Menjaga dan meningkatan imunitas tubuh
4. Membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh
5. Mengurangi batuk dan menjaga kesehatan mata
6. Melancarkan peredaran darah, mengurangi insomnia
7. Menjaga kesehatan pencernaan
8. Mengurangi kadar kolesterol LDL, sebagai antioksidan
9. Mengurangi kram dan nyeri haid
10. Membuat tubuh tetap segar (pengganti kopi)
11. Menghangatkan tubuh
12. Mencegah dan mengurangi gejalan masuk angin
13. Mengurangi batuk dan menghangatkan tenggorokan
14. Mengurangi efek minuman alkohol (hangover)
15. Menjaga stamina tubuh

Menu Andalan Jamune

Kemasan on the rock Jamune/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Di Jamune sendiri memiliki tiga store yakni di Ashta SCBD, Post Bloc, dan Kota Kasablanca terdiri dari 15 menu jamu dengan masing-masing benefit yang bisa dipilih seperti berikut ini:

1. Bone Cracker
Jamu pegal linu + jus buah + kunyit asam + madu (pemanis)

2. Sangria Allure
Jamu diet + jus buah + kunyit asam + madu (pemanis)

3. Royal Clan
Jamu imunitas + jus buah + kunyit asem + madu (pemanis)

4. Pogue Breeze
Jamu detoks + jus buah + madu (pemanis)

5. Purple Magic
Bunga telang + jeruk nipis + jahe + sereh

6. Sappan Sunset
Kayu secang + jahe + gula batu (pemanis)

7. Tamarinita
Buah Asam + gula batu (pemanis)

8. Tosc Sand
Spirulina + wedang jeruk + jus buah

9. Moon Dance K
unyit + buah asam + gula jawa

10. Zingiber
Jahe + susu kedelai (soy milk) + gula aren

11. Flaming Gember
Jahe + gula aren (pemanis)

12. Feeling Good
Jamu masuk angin + wedang jahe + madu (pemanis)

13. Galanga Island
Beras + kencur + gula aren

14. Tipsy Curer
Jamu antihangover + wedang jahe + madu (pemanis)

15. Usain Bomb
Jamu stamina + wedang jahe + madu (pemanis)

Baca: Cuan dengan Bahan Indonesia Banget, Ini Kisah CEO Suwe Ora Jamu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."