Sambut Hari Gizi Nasional, Chef Norman Beri Tips Masak Makanan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Makan Enak dan Sehat? Yuk, Masak Bareng Tokopedia NOW! bersama dengan Celebrity Chef, Norman Ismail (Kiri) dan Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, Pranidhana Mahardhika (Tengah) yang diselenggarakan di Modena Experience Center Suryo pada 25 Januari 2022/Tokopedia

Makan Enak dan Sehat? Yuk, Masak Bareng Tokopedia NOW! bersama dengan Celebrity Chef, Norman Ismail (Kiri) dan Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, Pranidhana Mahardhika (Tengah) yang diselenggarakan di Modena Experience Center Suryo pada 25 Januari 2022/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut Hari Gizi Nasional, Tokopedia berkolaborasi dengan Celebrity Chef, Norman Ismail untuk  membagikan tips bagi masyarakat yang ingin mulai memasak makanan sehat. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan.

1. Berani Mencoba - Mengubah gaya hidup dengan memasak menu sehat memang membutuhkan niat dan komitmen. “Bisa diawali dengan membuat masakan yang mudah seperti gado-gado, ikan panggang, pepes tahu atau ayam dan lain sebagainya,” kata Chef Norman dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 25 Januari 2022.

2. Pilih Protein Rendah Lemak - Selain menyehatkan, lean protein atau protein rendah lemak dapat mengatur berat badan. Protein sendiri berfungsi meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nafsu makan. “Contoh makanan protein rendah lemak adalah ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur, daging tanpa gajih dan kacang-kacangan,” katanya.

3. Perhatikan Kombinasi Serat - “Dalam satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran,” ungkap Chef Norman. “Salad mangga udang bisa menjadi salah satu contoh hidangan sehat bercita rasa asam, manis dan gurih yang bisa dicoba,” tambahnya.

4. Pentingnya Karbohidrat - Kebutuhan kalori per hari setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti jenis kelamin dan usia. “Namun karbohidrat bukan musuh kita, maka konsumsilah sesuai kebutuhan kalori dan tidak berlebih,” kata Chef Norman. 

5. Jaga Kebersihan dan Perhatikan Pengolahan Makanan - Tidak hanya tangan, mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir sangat penting agar kotoran yang menempel bisa hilang. “Jangan lupa cuci semua peralatan masakan, contohnya talenan, sebelum dan setelah memasak,” tuturnya. 

Selain itu, saat mengolah daging, Chef Norman menyarankan untuk menggunakan suhu yang sesuai agar dapat membunuh bakteri secara efektif, terutama pada daging, dan nutrisi lebih mudah diserap di usus kecil.

Pada kesempatan yang sama, Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, Pranidhana Mahardhika pun bercerita soal kesuksesan program layanan Tokopedia NOW!

Layanan itu disambut antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. “Hal ini terbukti dari peningkatan transaksi hampir 2x lipat yang terjadi melalui Tokopedia NOW! selama Desember 2021 dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ujar Pranidhana Mahardhika.

Tokopedia NOW! membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian - termasuk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan sehat dan lainnya - dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran, 

Pranidhana menambahkan bahwa subkategori bumbu dan bahan masakan, telur dan olahan susu, sayur dan buah segar, daging dan seafood serta mie, pasta dan bihun menjadi beberapa sub kategori yang paling laris di Tokopedia NOW!.

Baca: Hari Gizi Nasional, Simak 10 Tips Agar Anak Terhindar dari Obesitas

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."