Kiat Ussy Sulistiawaty Masak Jengkol, Direbus Dulu dengan Kopi

Ussy Sulistiawaty mengunggah video masak jengkol cabai merah. Foto: tangkapan layar Youtube/Ussy Andhika Official

kuliner

Kiat Ussy Sulistiawaty Masak Jengkol, Direbus Dulu dengan Kopi

Senin, 24 Januari 2022 21:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris yang kini menjadi kreator konten dan pengusaha, Ussy Sulistiawaty kerap membagikan konten memasak dan resep. Dalam vlog terbarunya, ia menunjukkan kiat memasak jengkol versinya. Jengkol merupakan makanan favorit ia dan suami tercinta, Andhika Pratama.

Sebelum dimasak, Ussy merebus jengkol lebih dulu dengan kopi. Biasanya ia merebus dengan kopi selama 30 menit hingga 1 jam, tergantung banyaknya jengkol dimasak. Menurut dia, merebus jengkol pakai kopi bisa mengurangi aroma menyengat dari jengkol dan membuatnya lebih empuk.

"Jengkolnya itu direbus terus pakai kopi. Itu biar lebih hilang baunya. Trus rebusnya bisa berjam-jam lagi. Merebus jengkol itu udah ada caranya masing-masing," katanya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtubenya, Ussy Andhika Official, Senin, 24 Januari 2022.

"Trus kalo misalnya mo lebih enak lagi pakai daun jeruk, daun salam merebusnya (jengkol)," tambahnya. "Dikasih sereh juga boleh. Kalau enggak mau dikasih apa-apa cuma garam doang, juga boleh. Sesuka (selera) kalian," ucapnya.

Usai direbus, jengkol dibelah dua dan digeprek dengan ulekan. Setelah itu, ia mulai menggoreng jengkol setengah matang karena nantinya akan digoreng lagi bersama cabai merah. 

Ussy Sulistiawaty masak jengkol. Foto: tangkapan layar Youtube/Ussy Andhika Official

Untuk sambalnya, Ussy memakai cabai rawit merah, cabai keriting merah, bawang merah, gula, garam, lada, dan penyedap rasa.

Usai meniriskan jengkol yang digoreng setengah matang, Ussy memakai kembali minyaknya untuk menggoreng cabai merah dan bawang merah dalam waktu singkat. Setelah itu, ia mengulek cabai dan bawang yang sudah digoreng. Ia menyarankan cabai dan bawang diulek secara kasar dan tidak diblender. Dalam waktu singkat, tampak sambal merah dengan tekstur kasar. Ia kemudian menumisnya ke dalam minyak bekas menggoreng tadi.

Ia memasukkan gula, garam, lada, dan penyedap rasa sebelum menambahkan jengkol ke dalam wajan. Tampak ia hanya mengaduknya beberapa kali, kemudian ia memakannya dengan nasi merah.

"Emang jengkol itu, seenak itu ya," ungkapnya memuji makanan favoritnya.

Ussy juga mengisahkan bahwa ada salah satu asisten rumah tangganya, Nisa, yang jago masak jengkol bumbu rendang. Andhika selalu tambah nasi saat menyantap jengkol tersebut.

"Si mbak Nisa yang bisa, itu enaaaakkkk banget. Pokoknya Andhika kalau udah mbak Nisa yang masak, ampe nambah-nambah gitu jengkolnya. Sampai jengkolnya dipanasin besok makin dia doyan banget," tandas Ussy Sulistiawaty.

Baca juga: Ajak Mertua Makan di Warung Tenda, Ussy Sulistiawaty: Di Sini Malah Demen