9 Manfaat Konsumsi Kopi, Dukung Kesehatan Otak hingga Tingkatkan Energi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kayla Phaneuf

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kayla Phaneuf

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKopi adalah minuman favorit yang terkenal karena kemampuannya untuk menyempurnakan kefokusan dan meningkatkan tingkat energi konsumennya. Gaya hidup yang kini membuat orang pergi dari kafe ke kafe, menjadikan kopi sebagai minuman favorit karena harga murah, rasa enak, dan manfaatnya baik.

Banyak orang bergantung pada secangkir kopi harian tepat ketika bangun tidur untuk memulai hari dengan baik. Selain efek energinya, kopi telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial, memberikan lebih banyak alasan untuk menyeduhnya.

Mengutip Healthline.com, Ahli Diet Rachael Link, MS, RD memaparkan sembilan manfaat mengonsumsi kopi:

1. Meningkatkan Energi
Kopi mengandung kafein, stimulan yang telah terbukti meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan dengan mengubah tingkat neurotransmiter tertentu di otak.

2. Risiko rendah diabetes tipe dua
Kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Ditambah kopi kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme, yang semuanya terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2.

3. Mendukung kesehatan otak
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penurunan kognitif.

4. Meningkatkan pengaturan berat badan
Kopi dapat membantu mendukung manajemen berat badan dan mungkin terkait dengan penurunan lemak tubuh. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

5. Risiko depresi rendah
Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari berkaitan dengan risiko depresi bahkan bunuh diri yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari.

6. Dapat melindungi kondisi hati
Konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis, bersama dengan kondisi lain, seperti jaringan parut hati dan kanker hati.

7. Mendukung kesehatan jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 21 ribu orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan.

8. Dapat meningkatkan umur panjang
Kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor lain, seperti usia, status berat badan, atau konsumsi alkohol. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan.

9. Dapat meningkatkan kinerja atletik
Kopi dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan fisik saat dikonsumsi sebelum berolahraga. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang beragam.

Perlu diingat bahwa beberapa orang mungkin perlu membatasi asupan kopi, termasuk orang yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Namun, minum kopi secukupnya sekitar tiga hingga empat cangkir per hari telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan dan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa.

Baca: Ketahui Efek Minum Secangkir Kopi yang Didiamkan Seharian

BERNADETTE JEANE WIDJAJA | HEALTHLINE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."