Ketahui Efek Minum Secangkir Kopi yang Didiamkan Seharian

Ilustrasi teko kopi.

kesehatan

Ketahui Efek Minum Secangkir Kopi yang Didiamkan Seharian

Jumat, 12 November 2021 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Di dunia ini, ada banyak tipe peminum kopi yang bisa kita temui. Ada yang dapat meminumnya dengan waktu singkat, dan ada yang sering kali harus meminumnya dengan berbagai jeda waktu karena banyaknya urusan. Nah, tipe peminum kopi yang kedua ini biasanya banyak dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga.

Sering kali mereka meminum kopi dengan jeda-jeda tertentu karena banyaknya urusan yang perlu diselesaikan, seperti menyiapkan anak sekolah, atau sekadar mencuci pakaian. Setelah semuanya beres, tentu kopi yang dibuatnya tadi pagi sudah berubah menjadi dingin dan perlu untuk dihangatkan kembali.

Tapi pertanyaannya adalah, apakah kegiatan meminum secangkir kopi yang sama dalam satu hari penuh merupakan hal yang baik? Seorang pakar keamanan pangan hadir untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Menurut Jeff Nelken, ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum menilainya. Seperti misalnya, apa yang kita masukkan ke dalam kopi saat membuatnya? Sebab, menurutnya bakteri yang ada pada cairan dan berada pada suhu ruang kamar dapat berlipat ganda setiap 20 menit sekali.

Ilustrasi Latte Kopi

Oleh karenanya, menambahkan susu pada segelas kopi akan memberi pengaruh lebih buruk bagi kesehatan. Hal itu disebabkan karena susu sendiri tak boleh dibiarkan selama lebih dari dua jam. Dan meminum susu basi dapat menyebabkan keracunan makanan.

Meski begitu, bakteri ternyata tetap bisa tumbuh di kopi yang bahkan tidak mengandung susu. Tentu saja, kopi hitam yang bahkan menggunakan susu alternatif seperti alt-creamer juga termasuk ke dalam daftarnya.

Namun memang, kopi dengan campuran susu dapat memberikan dampak yang lebih buruk karena komposisinya yang bisa saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain. Karena susu yang mulai rusak dapat mengakibatkan komposisi kimia kopi akan berubah.

Nelken mengatakan, ada satu jenis kopi yang menjadi pengecualian yakni apabila kita menggunakan susu vegan atau oat yang mungkin rasanya berubah ketika sudah lama didiamkan.

Untuk soal menghangatkan kembali kopi ke dalam microwave, Nelken merasa itu bukanlah hal yang bermasalah. Malah, jika ingin tetap aman, kita bisa melakukannya sepanjang pagi dan menjaganya agar tetap berada pada suhu ruang untuk mencegah bakteri terbentuk.

LAURENSIA FAYOLA l WELL AND GOOD