Catat, Ruangan Kecil Dicat Warna Ini jadi Terlihat Lebih Sempit

Ilustrasi perempuan sedang menata interior salah satu ruangan di huniannya. Pixabay.com/StockSnap

ragam

Catat, Ruangan Kecil Dicat Warna Ini jadi Terlihat Lebih Sempit

Selasa, 11 Januari 2022 19:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Warna cat dinding dapat memengaruhi tampilan ruangan. Pilihan warna yang tepat memberikan kesan hangat dan nyaman di ruangan, sedangkan kombinasi warna yang kurang tepat dapat membuat ruang terlihat kusam dan sempit, terlebih untuk ruangan kecil.

Berikut tiga warna dinding yang sebaiknya dihindari di ruangan kecil karena bikin terlihat lebih sempit bahkan gelap beserta alasannya seperti dikutip dari laman Pink Villa, Senin, 10 Januari 2022.

1. Coklat Tua

Para pecinta klasik menganggap warna coklat tua seperti kayu mewah dan elegan. Namun, perlu dipikirkan lagi bahwa warna gelap ini dapat membuat rumah Anda terlihat sempit kecuali Anda tinggal di vila. Jadi, sebelum memilih tekstur dan warna kayu di dinding Anda, pastikan Anda memiliki ruang yang cukup luas agar  tidak terlihat mencolok dan berantakan.

2. Hijau Zaitun

Hijau zaitun salah satu pilihan warna natural yang memancarkan nuansa elegan dan cantik. Tapi lain ceritanya, jika warna tersebut diaplikasikan di ruangan kecil ternyata bisa membuat lebih sempit. Jika Anda adalah penggemar berat warna ini, mungkin lebih baik mempertimbangkan memakai warna itu di ruangan lain atau bagian luar rumah. 

3. Abu-abu Tua

Abu-abu tua adalah nuansa yang indah. Namun, warna yang terkesan gelap dan keras ini bisa membuat ruangan Anda terlihat sempit dan kusam. Bahkan jika Anda memiliki ruang yang lebih besar, disarankan agar Anda menghindari penggunaan abu-abu tua karena nuansanya sangat gelap.

Jika Anda sudah memiliki warna-warna ini di ruangan Anda dan tidak merencanakan dekorasi ulang dalam waktu dekat, Anda bisa padu padankan dengan perabotan dan dekorasi yang warnanya lebih terang. Ini akan membantu menyeimbangkan rumah Anda tanpa harus berusaha terlalu keras.

Cara lainnya adalah membiarkan cahaya alami masuk sebanyak mungkin ataupun pencahayaan yang berwarna putih. Ini akan membantu menetralisir kegelapan dan membuat ruangan Anda terlihat nyaman dan lebih luas.

Baca juga: 5 Alasan Anda Sebaiknya Memiliki Dinding Warna Putih di Rumah

PINK VILLA