4 Warna Cat Dapur yang Sebaiknya Dihindari, Kata Desainer Interior

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi peralatan dapur.

Ilustrasi peralatan dapur.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merenovasi dapur bisa menjadi pekerjaan besar, mahal, dan menyita waktu. Salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat dalam proses ini adalah memilih warna cat dinding. Baik itu untuk dinding atau lemari dapur, penting untuk memilih yang tepat agar Anda tidak membuat kesalahan, berubah pikiran, atau, yang lebih buruk lagi, terpaksa mengecat ulang. Oleh karena itu, Anda perlu mencermati warna cat dapur yang dijauhi oleh para dekorator profesional. Berikut empat di antaranya beserta alasan di baliknya.

1. Nuansa Neon

Banyak tren yang muncul kembali dari tahun 80-an dan 90-an, dan meskipun nostalgia bisa menyenangkan, menurut desainer interior Amy Switzer, cat neon di dapur tidak boleh menjadi salah satu dari tren tersebut.

“Tidak ada aturan ketat mengenai warna cat untuk dapur, namun beberapa orang lebih memilih untuk menghindari warna tertentu karena alasan praktis atau preferensi pribadi. Saya pribadi tidak akan pernah memasukkan warna cat neon cerah di dapur,” kata Switzer dikutip dari Real Simple, Rabu, 10 April 2024.

Menurut Switzer, karena hampir tidak mungkin memadukan warna neon dengan bagian dapur lainnya. “Warna-warna tersebut akan sulit untuk dipadukan dengan elemen lain di dalam ruangan, dan warna-warna trendi mungkin tidak akan bertahan lama,” ucapnya.

Namun, itu tidak berarti dapur Anda harus sepenuhnya bebas dari neon. Pertimbangkan beberapa seni neon yang menyenangkan atau pilih pelapis berwarna merah muda atau oranye untuk tempat duduk. Neon bisa menjadi aksen yang bagus tetapi jarang menjadi bintang pertunjukan.

2. Warna Sangat Gelap

Cat gelap punya daya tarik tersendiri, tapi dapur bukan salah satu area yang direkomendasikan. “Warna cat yang sangat gelap mungkin membuat dapur terasa kurang menarik,” kata Switzer. Dapur Anda seharusnya tidak terasa tidak menyenangkan!

Masalah lain dengan cat berwarna gelap juga menunjukkan goresan dan ketidaksempurnaan lebih jelas dibandingkan cat yang lebih terang. Jadi, jika Anda merasa kesulitan menjaga kebersihan dapur saat ini, bayangkan betapa sulitnya jika cat dinding berwarna gelap.

Desainer interior Audrey Scheck juga mengatakan warna yang sangat gelap dapat membuat dapur terasa lebih kecil dan tertutup. Jadi, jika Anda ingin memadukan warna gelap di dapur mungil, jauhkan warna tersebut dari dinding dan gunakan meja batu berwarna gelap.

3. Warna Terlalu Cerah dan Sangat Saturasi

Salah satu tantangan desain terbesar adalah mencoba menciptakan nuansa rumah yang mudah mengalir dari satu ruangan ke ruangan lain. Warna super jenuh membuat hal ini semakin sulit, menurut Scheck.

“Kami biasanya tidak menyarankan warna cat yang terlalu cerah atau jenuh, karena dapat membebani ruangan dan mengganggu pembentukan estetika kohesif di seluruh rumah.”

Jika Anda menyukai warna-warna cerah di dapur, gunakan aksesori sebagai gantinya. Gunakan pemanggang roti berwarna cerah atau peralatan kecil lainnya. Atau cukup gunakan piring dan potongan sajian berwarna cerah!

4. Warna Cat Super Trendi

Kebanyakan dari kita merenovasi dapur untuk jangka panjang. Jika Anda memilih warna cat yang trendi, itu mungkin akan membuat dapur Anda terlihat kuno dengan cepat. Jadi, Scheck menyarankan untuk menjauhi warna-warna trendi. “Mereka mungkin akan cepat ketinggalan zaman dan tidak tahan terhadap ujian waktu,” katanya.

Kuncinya adalah memilih warna cat yang melengkapi desain dapur Anda dan selaras dengan palet warna keseluruhan rumah Anda.

Pilihan Editor: 5 Cara Menata Dapur Lebih Rapi dan Fungsional

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."