Kaleidoskop 2021: Dari Croffle Hingga BTS Meal jadi Kuliner Paling Banyak Dicari

Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle juga menjadi salah satu makana yang happening pada tahun 2021. Croffle memiliki tekstur yang lebih renyah dapat dinikmati dengan sirup maple, selai coklat, susu kental manis maupun es krim. Shutterstock

kuliner

Kaleidoskop 2021: Dari Croffle Hingga BTS Meal jadi Kuliner Paling Banyak Dicari

Rabu, 29 Desember 2021 10:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sepanjang 2021, beragam tren kuliner muncul meski di tengah situasi pandemi. Berbagai variasi sajian yang terinspirasi dari luar negeri hingga resep yang baru hadir untuk para pecinta makanan.

Sejumlah kuliner populer yang hits itu pun menjadi buruan para pecinta kuliner selama beberapa waktu. Berikut daftar kaleidoskop 2021 yang membahas kuliner paling banyak dicari dan digemari. 

Croffle

Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle. Sebab, makanan ini dibuat dengan adonan croissant namun dipanggang dengan wajan waffle, maka bentuknya menyerupai waffle.

Meski mirip, rasa croffle berbeda dengan waffle. Croffle memiliki tekstur yang lebih renyah. Croffle dapat dinikmati dengan cara sederhana dengan sirup maple, selai coklat, susu kental manis maupun es krim.

Churros

Churros yang merupakankan camilan manis ini berasal dari Spanyol, menjadi salah satu makanan yang tren selama 2021. Churros semakin dikenal setelah menjadi tren di Korea Selatan. Shutterstock

Camilan manis ini berasal dari Spanyol dan makin dikenal setelah menjadi tren di Korea Selatan. Sajian ini juga cukup menjadi hits karena mudah dibuat.

Hanya perlu mencampur terigu, air dan telur lalu menggorengnya, churros menjadi makanan sederhana yang bisa menjadi teman menonton film. Rasanya gurih dan manis samar-samar dengan tekstur kenyal sekaligus renyah. Churros makin nikmat saat dinikmati dengan krim celup atau dengan topping gula di atasnya.

Seiring makin dikenalnya churros, beragam restoran dan kafe menyediakan churros sebagai makanan penutup atau dessert. Ada juga kios-kios makanan pinggir jalan yang menyediakannya.

BTS Meal

Seorang penggemar boy band K-pop BTS mengambil gambar paket makanan BTS McDonald saat jam makan siang di restorannya di Seoul, Korea Selatan, 27 Mei 2021. Paket kombo BTS Meal akan berisi 10 potong Chicken McNugget, kentang goreng ukuran medium, soda berukuran serupa, dan saus khusus Sweet Chili dan Cajun yang terinspirasi saus asal gerai McDonald's di Korea Selatan. REUTERS/Kim Hong-Ji

McDonald's menghebohkan dunia, termasuk Indonesia dengan kolaborasinya bersama boyband asal Korea Selatan BTS. Menu ini pertama kali hadir di Indonesia pada 9 Juni 2021.

Kehadirannya membuat kehebohan dengan menyebabkan antrean di berbagai gerai McD. Para fans BTS alias Army Indonesia berbondong-bondong menyerbu McD lewat layanan drive thru dan aplikasi ojek online.

Paket Menu BTS Meal yang baru dipesan oleh seorang ARMY (Fans BTS) melalui Online di rumahnya di Jakarta Timur, 9 Juni 2021. BTS Meal merupakan sembuah menu hasil kolaborasi antara boy band BTS dengan McDonald's yang baru saja resmi meluncur di Indonesia pada hari ini. TEMPO/Fardi Bestari

Paket BTS Meal berisi dari sembilan Chicken Mc Nugget, French Fries, Saus Sweet Chilli, Saus Cajun, dan Medium Drink. Saus Cajun dan Sweet Chilli merupakan saus favorit anggota BTS.

Permen Dalgona

Deretan permen Dalgona yang terinspirasi dari serial Squid Game, dijajakan di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 1 Oktober 2021. REUTERS/ Heo Ran

Permen dalgona asal Korea Selatan booming setelah serial Netflix Squid Game rilis pada episode 3. Dalam serial itu, para pemain harus memotong permen dalgona yang keras menggunakan jarum kecil sesuai dengan cetakan yang mereka dapatkan.

Permen dalgona hanya membutuhkan dua bahan tapi prosesnya cukup rumit/Foto: Gwangjunewsgic

Permen dalgona dapat dibuat di rumah hanya menggunakan gula pasir dan baking soda. Lalu dimasak di atas wajan dengan sendok atau wajan kecil. Setelah meleleh, permen bisa dicetak sesuai dengan selera. Berbagai toko makanan manis pun ikut menjual permen ini, baik secara offline maupun online dan banyak content creator yang mempraktekan cara membuat dan menikmatinya.

Dessert Box

Menu dessert box menjadi tren di media sosial saat tahun 2021, dengan berbagai macam rasa yang ditawarkan, termasuk red velvet, cokelat, tiramisu dan cheese. Shutterstock

Dessert biasanya dinikmati saat setelah selesai makan sebagai makanan pencuci mulut. Tetapi belakangan ini, menu dessert box menjadi tren di media sosial hingga banyak orang yang membagikan bagaimana cara membuatnya.

Terdapat dessert dengan berbagai macam rasa yang ditawarkan, termasuk red velvet, cokelat, tiramisu dan cheese. Dessert box ini disajikan dalam box atau container makanan berbentuk kotak yang biasanya berisi kue, saus manis dan topping yang melimpah.

Korean Garlic Bread

Garlic bread juga menjadi populer di media sosial karena rasanya yang lezat. Roti ini memiliki rasa yang gurih sekaligus creamy yang berasal dari keju, mentega dan bawang putih. Shutterstock

Roti dengan penampilan yang akan menggugah selera ini berasal dari Korea dan merupakan makanan pinggir jalan yang ada di sana. Garlic bread juga menjadi populer di media sosial karena rasanya yang lezat.

Roti ini memiliki rasa yang gurih sekaligus creamy yang berasal dari keju, mentega dan bawang putih. Rasanya makin kaya dengan taburan dedaunan sepeti chives. Beragam toko roti ikut menghadirkan makanan hits ini.

Samyang Carbonara

Samyang Carbonara merupakan resep inovasi dari pecinta makanan yang berupa mie samyang direbus dengan susu murni dalam wadah. Mie pedas dari Korea Selatan itu juga sebelumnya telah populer di Indonesia.

Samyang Carbonara menjadikan rasa mie tidak terlalu pedas tetapi terdapat rasa gurih dan creamy yang lezat. Cocok bagi mereka yang ingin makan samyang tapi tidak terlalu menyukai rasa pedas.

Jadi, apakah Anda sudah mencicip semua kuliner hits itu? Jika belum, makanan itu umumnya bisa diperoleh secara mudah di toko atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Baca: Kaleidoskop 2021: Priyanka Chopra Hingga Ariana Grande Rilis Merek Kecantikan

NINIS CHAIRUNNISA