Kaleidoskop 2021: Zaskia Sungkar Hingga Dea Ananda Jalani Program Bayi Tabung

Gaya Zaskia Sungkar selama di Labuan Bajo/Foto: Instagram/Zaskia Sungkar

keluarga

Kaleidoskop 2021: Zaskia Sungkar Hingga Dea Ananda Jalani Program Bayi Tabung

Senin, 27 Desember 2021 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi beberapa pasangan selebritas, 2021 penuh dengan harapan dan sukacita. Beberapa pasangan yang merindukan buah hati akhirnya bisa hamil dan memiliki anak setelah menjalani program bayi tabung. Kaleidoskop 2021 kali ini membahas tiga pasangan yang berhasil menjalani program ini.

Program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan program kehamilan dengan metode pembuahan sel telur oleh sperma di laboratorium. Metode ini umumnya dilakukan orang yang mengalami masalah fertilitas. Namun, tak ada jaminan program ini akan berhasil. Menurut studi, keberhasilan bayi tabung hanya sekitar 40 persen untuk perempuan di bawah 35 tahun, 25-35 persen untuk perempuan berusia 35-40 tahun, dan 10 persen untuk mereka yang berusia dia tas 40 tahun.

Beberapa selebritas mencoba program ini setelah usaha alami yang dilakukan bertahun-tahun tidak berhasil. Simak kisah mereka yang menghiasi berita bahagia di media sepanjang 2021.

1. Zaskia Sungkar

Pasangan selebriti Zaskia Sungkar berpose dengan suaminya Irwansyah saat menggelar acara 7 bulanan anak pertamanya pada 17 Januari 2021. Pasangan ini akhirnya dikaruniai momongan setelah berhasil menjalani program bayi tabung. Instagram/@sistaweddingorganizer

ZaskiaSungkar dan Irwansyah menikah selama 10 tahun sebelum akhirnya memiliki buah hati. Pasangan ini telah mencoba beberapa kali menjalani program ini, termasuk di luar negeri. Tapi akhirnya mereka mencoba lagi di dalam negeri.

Sebelum menjalani program bayi tabung, Zaskia harus menjalani operasi pembersihan polip rahim. Setelah itu, dia menjalani program bayi tabung selama enam bulan pada 2020. Setelah perjuangan panjang, pada September 2020, Zaskia mengumumkan kehamilan untuk pertama kalinya.

"Alhamdulillah, rintangan yang harus kami lewati cukup banyak. Usaha yang harus kami jalani sudah tak terhitung. Sepanjang hampir 10tahun lamanya kebersamaan ini, akan ada kebahagiaan kecil yang akan hadir menghampiri. Akhirnyaaa... Alhamdulillah aku hamil. Perjuangan mendapatkan garis dua ini ga sia-sia. Ini jadi hadiah paling luar biasa bagi kamu,” tulis Zaskia Sungkar pada September 2020 lalu.

Zaskia melahirkan anak pertamanya, Ukkasya Muhammad Syahki, pada Senin, 30 Maret 2021. Ukkasya tumbuh sehat dan saat ini usianya hampir Sembilan bulan.

2. Wardah Maulina

Wardah Maulina, seorang selebgram yang juga seorang penulis ini tengah diperbincangkan netizen lantaran telah memberi izin kepada suaminya, Natta Reza jika ingin melakukan poligami. Foto/Instagram/wardahmaulina_

Di tahun 2019 novel Kekasih Impian yang merupakan rangkuman perjalanan asmara Wardah Maulina dengan Natta Reza hingga taaruf dan menikah dirilis, dan tak lama cerita cinta Wardah itu diangkat ke layar lebar.

Influencer Wardah Maulina dan suaminya, Natta Reza, memutuskan ikut program bayi tabung setelah menikah sejak 2016. Sudah lama pasangan ini mendambakan momongan, apalagi dari kedua keluarga anak mereka akan menjadi cucu pertama.

Wardah menjalani program bayi tabung setelah gagal menjalani inseminasi buatan. Sebelumnya, dia mengalami dua kali keguguran. Dia juga harus menjalani operasi karena ada masalah polip rahim.

Setelah menjalani usaha bayi tabung beberapa bulan, Wardah akhirnya hamil. Dia pertama kali mengetahuinya pada April 2021, saat itu usia kandungannya sudah 8 minggu. Anak pertamanya lahir pada pertengahan November 2021.

3. Dea Ananda

Dea Ananda, Ariel Nidji, dan para dokter di Bocah Indonesia berfoto merayakan kehamilan Dea setelah 12 tahun menikah. Foto: Instagram Bocah Indonesia.

Dea Ananda membagikan kabar bahagia kehamilannya pada 12 Desember 2021. Kehamilan ini adalah hal yang paling dinanti Dea dan suaminya, Ariel Nidji, setelah menikah sejak 12 tahun lalu.

"Akhirnya aku dan @arielnidji diberi kepercayaan Tuhan untuk menjadi orang tua," tulis Dea mengawali unggahannya di Instagram, di samping video singkat yang memperlihatkan hasil USG.

Perjuangan mantan personel Trio Kwek Kwek ini untuk hamil tidak mudah karena dia dan suami sama-sama memiliki masalah infertilitas. Dea mengaku memiliki masalah pada organ reproduksi, PCOS, endometriosis, dan hidrosalping. Adapun Ariel Nidji memiliki masalah hormonal karena pola hidup kurang sehat yang menyebabkan jumlah spermanya kurang.

Baca: Kaleidoskop 2021: Tren Hijab Pashmina dan Bergo Kembali Hits dan Digemari

MILA NOVITA