Resep Kue Jahe ala Farah Quinn, Ganti Sirup Molase dengan Sirup Gula Jawa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Farah Quinn menunjukkan kue jahe Natal buatannya yang seperti pohon Natal. Foto: tangkapan layar Youtube/Farah Quinn

Farah Quinn menunjukkan kue jahe Natal buatannya yang seperti pohon Natal. Foto: tangkapan layar Youtube/Farah Quinn

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang Natal, Anda berencana membuat kue jahe? Jika iya, bisa sontek resep kue jahe ala koki Farah Quinn. Ia membuat kue jahe seperti pohon Natal yang dihiasi ornamen merah dan emas. Anda bisa mengajak si kecil saat menghias kue jahe seperti Farah bersama putrinya, Amaira atau Yaya. 

Resep Kue Jahe ala Farah Quinn 

Bahan-bahan kue:

  • Butter 180 gram
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/2 sdt spekoek
  • 50 gr gula palem
  • 2 sdt kayu manis
  • 1/4 pala bubuk
  • 2 sdt jahe bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 125 gr sirup gula jawa
  • 400 gr tepung segitiga

Bahan-bahan royal icing

  • 1 butir telur
  • 225 gr gula halus
  • 1/2 sdt perasan jeruk nipis
  • sejumput garam
  • 1/4 sdt ekstrak vanila

Cara membuat:

1. Campurkan butter, soda kue, spekoek, gula palem, kayu manis, pala bubuk, jahe bubuk, garam di dalam satu mangkuk lalu kocok dengan mixer. Kocok sejenak, saran Farah Quinn. Kemudian masukkan 1 butir telur dan aduk kembali.

2. Tambahkan sirup gula jawa ke dalam adonan dan aduk kembali sebentar. Menurut Farah, resep kue jahe tradisional sebenarnya menggunakan saus molase. Berhubung harganya yang cukup mahal di Indonesia, ia memilih sirup gula jawa kental yang seperti sirup untuk kue lopis. Jika tidak ingin sirup gula jawa, madu bisa jadi pilihan. 

3. Lalu tambahkan tepung dan aduk hingga merata.

4. Setelah itu, ambil adonan secukupnya lalu ratakan di atas talenan yang sudah dilapisi sedikit tepung.  Bentuk adonan sesuai cetakan yang diinginkan. Farah Quinn menggunakan cetakan bentuk bintang. Saat mengambil adonan dari cetakan, Farah menyarankan memakai spatula agar tidak merusak bentuknya.

Farah Quinn bersama putrinya, Amaira, membuat kue jahe Natal. Foto: tangkapan layar Youtube/Farah Quinn

5. Lalu adonan di letakkan di loyang yang sudah dialasi kertas kue. Farah menyarankan untuk memisahkan kue berukuran besar dan sedang dengan ukuran kecil karena tingkat kematangannya berbeda.

"Tapi yang adonan kecil di loyang yang beda, ya. Jangan di satu loyang yang sama (dengan adonan ukuran besar atau besar) karena matangnya beda-beda sesuai ukuran. Jadi, kalau misalnya dia terlalu kecil dicampur dengan yang terlalu besar, nanti bisa terlalu gosong," sarannya dikutip dari kanal Youtubenya, Farah Quinn, Jumat, 24 Desember 2021.

6. Kemudian adonan di panggang dalam microwave dengan suhu 180 derajat Celcius hingga matang.

7. Sambil menunggu kue matang, Farah membuat lapisan gula atau icing. Farah tampak mencampur semua bahan royal icing ke dalam mangkuk bersih dan dikocok dengan mixer hingga merata. Ia mengingatkan jangan sampai ada minyak di tangan Anda. Jika kena minyak, adonan tersebut tak mengembang.

8. Kemudian tambahkan ekstrak vanila ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

Keseruan Farah Quinn menghias kue jahe Natal dibantu putrinya, Amaira atau Yaya. Foto: tangkapan layar Youtube/Farah Quinn

9. Setelah itu, Anda bisa menambahkan pewarna makanan sesuai keinginan. Ia memilih pewarna makanan warna merah, hijau, dan kuning keemasan karena ingin menghias kue jahenya seperti pohon Natal. Jika royal icing tersebut tak langsung digunakan, ia mengimbau untuk ditutup plastik.

10. Masukkan adonan royal icing ke plastik kerucut agar mudah saat menghias kue

11. Begitu kue jahe matang, Farah mulai menatanya seperti bentuk pohon Natal. Ia menyarankan kue bintang diletakkan berurutan secara ukuran terlebih dahulu baru dihias dengan royal icing.

Baca juga: Ketahui Sejarah Kue Jahe, Makanan Favorit saat Natal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."