Jadi Ibu Tunggal, Cathy Sharon: Ciptakan Lingkungan yang Positif

Cathy Sharon. Foto: Instagram/@cathysharon

keluarga

Jadi Ibu Tunggal, Cathy Sharon: Ciptakan Lingkungan yang Positif

Sabtu, 18 Desember 2021 12:30 WIB
Reporter : Candra Nugraha (Kontributor) Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris yang kini jadi pebisnis, Cathy Sharon sudah tujuh tahun menjadi ibu tunggal untuk kedua buah hatinya, Jacob Gabriel (8 tahun) dan Carla Kusuma (6 tahun). Ia mengaku berpisah dari suaminya, Eka Kusuma, saat masih mengandung Carla. Dalam menjalani perannya sebagai ibu tunggal, Cathy merasa beruntung dikelilingi support system yang positif dan mencintai anak-anaknya.

"Oke, pincang tanpa figur ayah, tapi mereka punya kakek nenek dari kedua belah pihak yang sangat mencintai mereka, mereka punya sepupu-sepupu yang sangat mencintai mereka, mereka punya om dan tante yang selalu punya waktu untuk mereka, dan mereka punya aku selalu memberikan mereka cinta setiap hari," katanya dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube Venna Melinda Channel, Jumat, 17 Desember 2021.

Berkat lingkungan yang positif dan penuh kasih itu, lanjut Cathy, kedua anaknya tumbuh tanpa rasa minder. Mereka tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan percaya diri saat bersosialisasi di sekolah ataupun bersama saudaranya.

"Gimana caranya supaya kita memberikan lingkungan bagi anak-anak kita yang positif. Agar mereka bisa bertumbuh tanpa ada kepahitan, tanpa ada kecemasan," jelasnya.

Cathy Sharon bersama kedua buah hatinya, Jacob Gabriel Kusuma dan Carla Maria Ferini Kusuma. Foto: Instagram/@cathysharon

Dalam mengasuh kedua buah hatinya, Cathy mengaku tak selalu memanjakan dan mengikuti keinginan anaknya. Ada waktu-waktu tertentu ia tegas, di lain waktu memanjakannya.

"Aku tidak nge-treat mereka seperti bayi. Karena aku juga ingin mereka tumbuh dewasa, independen, dan menjadi manusia yang bisa berdampak baik terhadap lingkungan, negara, dunia," kata kakak Julie Estelle ini

"Ada waktunya anak itu di mana perlu dimanjain. Tapi pada saat dia perlu belajar, itu ada momen oke dia harus diajarin," sambung perempuan 39 tahun ini.

Meski mengaku ibu yang tegas, Cathy tak pernah sungkan belajar beragam hal dari kedua buah hatinya yang kritis. Ia kerap berdiskusi tentang apa pun. 

"Aku banyak belajar dari anak-anak aku. Maksudnya aku bukan tipe ibu, pokoknya mama bilang A ya A. Dalam beberapa hal iya, tapi kalau misalkan mereka, anak-anak zaman sekarang kritis. Aku memberikan kebebasan itu kepada mereka berpikir kritis, critical thinking," ungkapnya.

Bicara soal harapannya kepada anak-anak, Cathy Sharon mengungkapkan membebaskan mereka menjadi apa pun di masa depan asalkan positif dan sesuai minat. "Aku tidak memaksakan kehendak aku kepada mereka," tandasnya.

Baca juga: Rumus Cathy Sharon jadi Ibu: Selalu Mencoba Tetap Tenang di Segala Kondisi